img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat dapat membuat rasa kenyang lebih lama loh! Makanan yang dapat membuat perut kenyang tentunya diperlukan dalam tubuh untuk menjaga stamina tubuh tetap sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Meski begitu, rasa kenyang lebih lama juga bergantung pada asupan kebutuhan tubuh. Penasaran? cobain deh 7 makanan yang bisa bikin perut kenyang lebih lama!

Oatmeal

Cleveland Clinic Health
Foto : Cleveland Clinic Health

Rendahnya kandungan kalori serta merupakan sumber serat larut yang baik, oatmeal memiliki kemampuan menyerap air yang dapat membantu rasa kenyang lebih lama. Bukan mengkonsumsi oatmeal rasa manis, namun cobalah oatmeal tawar untuk menghindari gula yang berlebih. Untuk meningkatkan kandungan nutrisi, oatmeal juga bisa ditambah dengan buah atau kacang-kacangan.

Greek Yogurt

pixabay
Foto : pixabay

Bisa membuat kenyang lebih lama, greek yogurt mengandung protein tinggi, kandungan gula yang rendah, serta jumlah kalori yang tinggi. Greek yogurt memiliki tekstur yang berbeda dari yogurt pada biasanya, yakni bertekstur lebih padat dan creamy. Untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap, greek yogurt dapat dilengkapi dengan topping seperti kacang-kacangan untuk menambah serat.

Telur

Instagram/@susan_mellyani
Foto : Instagram/@susan_mellyani

Kandungan kalori yang rendah serta beragamnya nutrisi dalam telur dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Telur juga mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin, mineral, serta antioksidan. Agar meningkatkan rasa kenyang, jangan lupa untuk tambahkan sayur-sayuran ke dalam telur.

Ikan

Ikan merupakan sumber tinggi protein yang dapat membuat badan sehat dan mengenyangkan. Ikan juga mengandung sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk melindungi jantung dan menurunkan peradangan dalam tubuh.

Ubi

Freepik
Foto : Freepik

Mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi, ubi dapat mengenyangkan tubuh lebih lama. Ubi dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang.

Roti Gandum

Freepik
Foto : Freepik

Roti gandung mengandung serat makanan yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Roti gandum juga memiliki vitamin, mineral, dan karbohidrat yang bermanfaat baik untuk tubuh.

Alpukat

Reseppedia
Foto : Reseppedia

Memiliki kandungan kaya akan lemak dan serat, alpukat dapat menjadi alternatif makanan yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Meski begitu, alpukat juga mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga porsi untuk dikonsumsi tidak boleh berlebihan.

Penulis: Najwa Syifa Anisa

Topik Terkait