img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Akhir-akhir ini, tinted sunscreen sedang digemari. Apalagi, tersedia banyak warna dan pilihan tinted sunscreen yang membuat tampilan lebih natural.

Eh, tapi bingung nggak sih? Soalnya, ada sunscreen yang transparan kayak biasa dan tinted sunscreen yang ada warnanya? Tenang, yuk IntipSeleb bahas bedanya biar gak salah pilih!

1. Estetika

sunscreen
Source: freepik/freepik

Tinted sunscreen memiliki pigmen halus yang membantu menyamarkan warna kulit tidak rata dan mengurangi kemerahan. Sementara itu, tabir surya biasa umumnya bening atau transparan.

2. Perlindungan Ekstra

sunscreen
Source: freepik/freepik

Tinted sunscreena menawarkan perlindungan spektrum luas, tidak hanya terhadap sinar UV, tetapi juga cahaya tampak dan sinar biru. Paparan cahaya tampak dan sinar biru dapat memperburuk kondisi kulit seperti hiperpigmentasi dan penuaan dini.

3. Manfaat

sunscreenSource: freepik/freepik

Tinted sunscreen dapat berfungsi ganda sebagai primer untuk riasan dan memberikan hasil akhir yang natural, sedangkan sunscreen hanya jadi primer wajah kamu biar nggak terbakar. Hal ini menjadikan produk ini pilihan populer bagi mereka yang ingin menyederhanakan rutinitas perawatan kulit.

4. Kesesuaian Warna Kulit

sunscreen
Source: freepik/freepik

Tinted sunscreen tersedia dalam berbagai warna yang sesuai dengan beragam warna kulit. Ini memastikan tampilan yang natural dan mengurangi risiko terbentuknya white cast atau warna yang tidak merata. Sedangkan sunscreen rata-rata warnanya bening.

5. Peningkatan Perawatan Kulit

sunscreen
Source: freepik/freepik

Banyak tinted sunscreen mengandung bahan tambahan seperti asam hialuronat, gliserin, dan antioksidan (seperti vitamin C dan E). Kandungan ini memberikan hidrasi dan manfaat anti-penuaan di samping perlindungan matahari.

6. Dorongan Penggunaan Rutin

sunscreen
Source: freepik/freepik

Daya tarik kosmetik dari tabir surya berwarna dapat mendorong penggunaan secara teratur. Penggunaan rutin ini penting untuk mempertahankan perlindungan matahari yang konsisten dan mencegah penuaan dini serta kanker kulit.

7. Menangani Masalah Kulit Tertentu

sunscreen
Source: freepik/freepik

Tinted sunscreen dapat diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Misalnya, tabir surya bebas minyak dan non-komedogenik cocok untuk kulit berjerawat, sementara tabir surya dengan bahan-bahan lembut sesuai untuk kulit sensitif.

Nah, itu dia perbedaan sunscreen dengan tinted sunscreen. Udah tau kan mana yang mau kamu pakai, Inselicious?

Topik Terkait