img_title
Foto : Netflix Korea

Korea Selatan – Seseorang dengan tipe kepribadian melankolis dikenal sebagai sosok yang memiliki karakter sensitif dan perfeksionis.

Orang dengan tipe kepribadian ini tampak tertutup terlebih jika bertemu orang baru dan mudah khawatir. Oleh sebabnya ia nyaman dengan zonanya sendiri juga tidak berusaha mencari hal-hal baru.

Karakter tersebut membuat orang berkepribadian melankolis cenderung sangat teliti dan mampu menganalisis dengan tajam juga mendalam.

Selain itu tipe kepribadian melankolis juga mudah tersentuh akan hal-hal kecil yang menyentuh sisi emosionalnya.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan 7 rekomendasi judul drama Korea yang bisa ditonton jika kamu memiliki tipe kepribadian melankolis. Scroll yuk!

1. My Mister (2018)

tvN
Foto : tvN

Drama My Mister menyoriti kehidupan rumah tangga Dong Hun (Lee Sun Kyun) dan Yoon Hee (Lee Ji Ah). Di balik pernikahan mereka yang tampak baik-baik saja, namun gernyata Yoon Hee menjalin asmara dengan seorang petinggi senior di tempatnya bekerja dan ingin menceraikan Dong Hun agar bisa menikahi selingkuhannya tersebut yang bernama Joon Young (Kim Young Min).

Kemudian ada Ji An (IU) yang hidup bersama neneknya dan sering kali melalui masa sulit dalam hidupnya. Dia bekerja di perusahaan yang sama dengan Dong Hun.

Ji An tahu bahwa Joon Young selingkuh dengan istri Dong Hun. Oleh karenanya, Ji An menemui Joon Young dan menawarkan bantuan agar Dong Hun meninggalkan perusahaan jika Joon Young mau membayarnya.

Ji An sangat membutuhkan uang tersebut untuk membayar hutang-hutangnya. Lantas, apakah rencana Ji An akan berhasil?

2. When The Camellia Blooms (2019)

KBS
Foto : KBS

Cerita dalam drama ini berfokus pada sosok single mother bernama Oh Dong Baek (Gong Hyo Jin). Untuk menghidupi putra semata wayangnya bernama Kang Pil Gu (Kim Kang Hoon) seorang diri, Oh Dong Baek mengelola sebuah bar kecil.

Di Korea Selatan sendiri, keberadaan ibu tunggal atau single mother masih dianggap tabu sehingga Oh Dong Baek seringkali dijadikan bahan gosip. Meski demikian, hal tersebut tidak pernah membuatnya goyah. Sebaliknya, Oh Dong Baek justru semakin kuat dan menjadi sosok ibu yang tegas untuk putranya.

3. Hi Bye, Mama! (2020)

Pinterest
Foto : Pinterest

Drama Hi, Bye Mama! berfokus pada hubungan ibu dan anak yang telah hidup di dunia berbeda. Dikisahkan Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) menjadi hantu setelah meninggal akibat kecelakaan tragis.

Namun melalui proyek reinkarnasi, Chae Yu Ri berhasil hidup kembali setelah lima tahun. Ia pun diberi kesempatan selama 49 hari untuk kembali kepada suami dan anaknya demi membangun kenangan bahagia. Drama Hi Bye, Mama cukup menguras emosi karena beragam adegan antara ibu dan anak yang ditampilkan begitu menghangatkan hati.

4. Youth of May (2021)

KBS Drama
Foto : KBS Drama

Youth Of May adalah melodrama antara Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan Kim Myung Hee (Go Min Si) yang berlatar belakang pada Mei 1980 di Korea Selatan, sehingga penyajikan peristiwa-peristiwa demoktatis yang terjadi pada tahun tersebut kepada para penonton.

Hwang Tae Hee merupakan salah satu mahasiswa kedokteran Universitas Nasional Seoul yang memiliki karakter jail dan licik, juga berjiwa seni tinggi, karena dirinya menyukai alat musik gitar, dia juga ingin mematahkan stereotip bahwa mahasiswa kedokteran senang bekerja sendiri atau individualis.

Sementara itu Kim Myung Hee adalah seorang perawat yang sudah bekerja selama kurang lebih tiga tahun terakhir, dan sudah melewati berbagai macam kesulitan dalam menitih kariernya.

Dia juga sosok wanita mandiri, yang harus bekerja lebih keras, untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Walaupun memiliki aura yang dingin, namun Kim Myung Hee bisa dengan lihai dan telaten ketika merawat pasien-pasiennya.

Suatu hari, Hwang Tae Hee sedang membantu salah seorang demonstran yang terluka, dan akan pertemu dengan Kim Myung Hee. Pertemuan mereka adalah sebagai permulaan awal kisah yang manis, namun tidak berjalan dengan mudah.

5. Move to Heaven (2021)

Netflix Korea
Foto : Netflix Korea

Move To Heaven menceritakan tentang seorang anak muda bernama Han Gu Ru (Tang Joon Sang), yang merupakan putra dari pemilik jasa Trauma Cleaner bernama Move To Heaven. Setelah sang ayah meninggal dunia secara mendadak, Han Gu Ru harus meneruskan usaha ayahnya tersebut dan memulai menggeluti profesi tersebut.

Tidak sendirian, Han Gu Ru memiliki paman bernama Jo Sang Gu (Lee Jo Hoon). Dia adalah seorang mantan narapinada. Kabar meninggalnya ayah Han Gu Ru menjadikan Jo Sang Gu otomatis sebagai wali dari Han Gu Ru, dan mereka meneruskan bisnis Move To Heaven bersama.

Han Gu Ru menderita sindrom Asperger, yaitu gangguan pada sistem syaraf yang mempengaruhi cara seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sindrom Asperger tergolong ke dalam gangguan autisme.

Mengetahui bahwa keponakaannya menderita sindrom tersebut, tidak ada pilihan lain bagi Jo Sang Gu, selain bertanggungjawab terhadap Han Gu Ru dan menjadi wali sah-nya.

Mereka berdua mulai menjalani bisnis Move To Heaven bersama, dengan membersihkan tempat kejadian perkara, hingga turut mengatur barang-barang dari orang yang telah meninggal.

Melalui pekerjaan yang mereka jalani itu, Han Gu Ru dan Jo Sang Gu belajar tentang makna kehidupan dan juga pentingnya komunikasi. Keduanya menghargai pekerjaan yang mereka jalani dan mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga dari sana.

6. Summer Strike (2022)

GenieTV
Foto : GenieTV

Dikisahka Lee Yeo Reum (Seolhyun AOA) baru saja dicampakkan oleh pacarnya dan tak lama setelahnya harus kehilangan sang ibu dalam insiden kecelakaan.

Tengah mengalami momen buruk di hidupnya, Lee Yeo Reum memutuskan untuk mengambil tindakan beresiko, yaitu keluar dari pekerjaannya dan pindah ke desa terpencil.

Belum terbiasa dan merasa asing, di desa tersebut ia bertemu dengan pemuda bernama Dae Beom (Im Siwan), yang digambarkan sebagai pria irit dan bekerja sebagai pustakawan.

Jarang berinteraksi dengan orang lain, ketika berbicara Dae Baom cenderung gagap. Kendati begitu, ia merasa nyaman berdekatan dengan Lee Yeo Reum.

Di sisi lain, kepindahannya ke desa membuat Lee Yeo Reum menemukan jati dirinya. Lantas, bagaimana kisah mereka selanjutnya?

7. A Time Called You (2023)

Netflix
Foto : Netflix

Drama A Time Called You menceritakan tentang percintaan antara Han Joon Hee (Jeon Yeo Bin) dan Ku Yeon Jeon (Ahn Hyo Seop).

Namun, Ku Yeon Jeon meninggal satu tahun lalu dan Han Joon Hee masih belum bisa melupakan sosok sang kekasih dan sering kali merindukannya.

Sampai suatu ketika, Han Joon Hee melakukan perjalanan waktu dan kembali ke masa lalu tahun 1998. Tiba-tiba, Han Joon Hee terbangun lalu berada di dalam tubuh siswi SMA bernama Kwon Min Joo.

Di sekolah yang masih asing baginya tanpa disangka Kwon Min Joo bertemu dengan siswa SMA lain bernama Nam Shi Heon, yang sangat mirip dengan mendiang kekasihnya sehingga kembali menimbulkan kenangan manis namun juga pahit.

Nam Shi Heon digambarkan sebagai sosok pria tampan dan ramah. Dia banyak dipuja oleh lawan jenis serta menjadi idaman di sekolahnya.

Di sisi lain, Nam Shi Heon memiliki teman bernama Jung In Kyu (Kang Joon), yang ternyata naksir dengan Kwon Min Joo. Lantas, apakah akan terjadi kisah cinta segitiga diantara mereka?

Itu tadi deretan judul rekomendasi drama Korea yang bisa ditonton jika kamu memiliki tipe kepribadian melankolis.

Topik Terkait