img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebKudus, kota yang terkenal dengan soto babatnya yang lezat, ternyata menyimpan banyak pesona wisata yang menanti untuk dijelajahi. Dari wisata religi yang penuh makna, wisata alam yang memukau, hingga wisata kekinian yang instagramable, semuanya ada di sini!

Jangan khawatir, anyak lho tempat wisata di Kudus yang murahnya kebangetan. Langsung aja scroll ya!

1. Masjid Menara Kudus

kudus
Source: Indonesia Kaya

Berdiri kokoh di tengah kota, Masjid Menara Kudus menjadi ikon wisata religi di Kudus. Arsitekturnya yang memadukan budaya Islam dan Hindu membuatnya begitu istimewa. Menara masjidnya yang menyerupai candi menjadi bukti akulturasi budaya yang indah.

Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315
Harga: Gratis

2. Wisata Alam Selam Semliro

Pernahkah kamu membayangkan berenang di antara tebing-tebing indah dan air yang jernih? Datanglah ke Wisata Alam Selam Semliro! Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan, spot foto instagramable, dan warung makan untuk bersantai.

Lokasi: Semliro, Rahtawu, Kec. Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59333.
Harga: Rp5 ribu per orang.

3. Waduk Gembong

Ingin merasakan ketenangan alam dan berpetualang di alam bebas? Waduk Gembong adalah pilihan tepat! Di sini, kamu bisa dimanjakan dengan pemandangan perairan yang tenang, mendirikan tenda di area camping ground, dan menikmati sunrise atau sunset yang indah.

Lokasi: Alamat: Area Waduk Gembong, Gembong, Pati, Jawa Tengah
Harga: Rp3 ribu per orang

4. Gunung Muria

Bagi para pecinta alam, mendaki Gunung Muria adalah sebuah keharusan. Gunung yang gagah ini memiliki 7 puncak yang menantang untuk didaki. Dari atas puncak, kamu akan disuguhkan pemandangan Kudus yang menakjubkan.

Lokasi: Alamat: Kemirun, Tempur, Keling, Jepara, Jawa Tengah
Harga: Mulai Rp2,5 ribu per orang

5. The Hills Vaganza

Mencari tempat wisata keluarga yang seru dan instagramable? The Hills Vaganza jawabannya! Di sini, kamu akan menemukan berbagai wahana permainan, kolam renang, spot foto menarik, dan pemandangan alam yang indah.

Lokasi: Jl. Raya Kudus - Colo No.KM.13, Watulumpang, Kajar, Kec. Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353.
Harga: Rp20 ribu per orang

6. Puncak Natas Angin

Bagi pendaki yang mencari tantangan, Puncak Natas Angin di Gunung Muria adalah pilihan yang tepat. Jalur pendakiannya yang menantang dan pemandangan yang spektakuler akan membuatmu terkesan.

Lokasi: Alamat: Hutan, Somosari, Kec. Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59461
Harga: Rp5 ribu per orang

7. Brown Canyon Kudus

Ingin merasakan sensasi berfoto di tebing-tebing tinggi seperti di Amerika? Datanglah ke Brown Canyon Kudus! Bekas galian tambang pasir ini menawarkan pemandangan yang unik dan instagramable.

Lokasi: Selalank Park, Jl. Selalang, Area Sawah, Tanjungrejo, Kec. Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382
Harga: Rp5 ribu per orang

8. Wonosoco Kudus

Bosan dengan wisata mainstream? Cobalah berlibur ke Desa Wisata Wonosoco! Di sini, kamu bisa merasakan sensasi berlibur di hutan jati dengan beragam fasilitas outbound, spot foto menarik, dan goa alami yang eksotis. Jangan lupa cicipi kuliner khas Kudus yang lezat di sini!

Lokasi: Desa Wisata Wonosoco. Wonosoco, Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Harga: mulai Rp7 ribu per orang

Nah, itu dia rekomendasi wisata di Kudus yang murah meriah, apalagi ada yang gratis. Masukin ke wishlist liburan kamu ya, Inselicious!

Topik Terkait