img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Selain muncul di wajah, jerawat juga kerap hinggap di punggung. Tentunya kondisi ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri, terlebih jika ingin mengenakan pakaian yang terbuka.

Meski tidak terlihat namun keberadaan jerawat di punggung cukup mengganggu kegiatan, dan tidak boleh dianggap sepele seingga harus segera dicari solusinya.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan memberikan informasi mengenai penyebab serta cara mencegah timbulnya jerawat di punggung. Simak yuk lewat ulasan di bawah ini.

Penyebab Timbilnya Jerawat di Punggung

Freepik
Foto : Freepik

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Arini Widodo, SpKK menjelaskan jika penyebab timbulnya jerawat di punggung hampir sama dengan penyebab jerawat di wajah, yaitu:

  • Munculnya minyak berlebih di kulit
  • Bakteri
  • Peradangan

Selain itu, ada juga beberapa hal yang jadi pemicu datangnya jerawat di punggung, seperti diet, stress berlebih, faktor obat-obatan, dan lainnya.

Jerawat di punggung bisa muncul karena adanya gesekan berlebih pada kulit punggung, misalnya dari bahan pakaian yang dipakai, keringat berlebih, dan kelembaban badan.

Kondisi tersebut kerap kali terjadi pada seseorang yang sering olahraga karena tentu sering berkeringat dan seseorang yang kerap memakai tas ransel sehingga menimbulkan kelembaban di punggungnya.

Cara Mencegah Jerawat di Punggung

Freepik
Foto : Freepik

Lantas, apakah jerawat di punggung menular? dr. Arini Widodo, SpKK menuturkan jika kondisi tersebut bukanlah penyakit yang menular.

Cara mencegahnya juga mudah yaitu dengan menghindari faktor pemicunya, seperti kenakan pakaian yang penyerap terutama ketika olahraga atau udara sedang panas, mencuci pakaian, mandi sehabis berkegiatan, dan memakai sabun yang lembut.

Perlu dicatat jika punggung yang berjerawat sangat rawan bergesekan dengan sesuatu sehingga tidak dianjurkan untuk menggosok punggung.

Selain itu hindari produk yang mengandung oil karena dapat menyumbat pori-pori, dan sebaiknya memakai produk dengan sifat bebas minyak serta produk yang mengandung bahan BHA dan vitamin A.

Memeriksakan diri ke dokter profesional juga bisa menjadi pilihan agar lebih mengetahui kondisi punggung yang berjerawat sehingga bisa segera pulih.

Topik Terkait