img_title
Foto : Pexel

IntipSelebTulang belakang menjadi struktur penting untuk menopang tubuh. Hal ini karena tulang belakang berhubungan dengan saraf, dimana bagian saraf tersebut terdapat sistem saraf pusat.

Berbagai faktor dapat menyebabkan kelainan tulang belakang, seperti kifosis, skoliosis, lordosis, dan lainnya. Adanya kelainan pada tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, hingga memengaruhi fungsi tubuh. Yuk simak penjelasan dari dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter!

Jenis Kelainan Tulang Belakang

Freepik
Foto : Freepik

Kelainan tulang belakang memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  1. Skoliosis, yaitu kelainan tulang belakang yang melengkung ke samping berbentuk seperti huruf S atau C.
  2. Kifosis, yaitu kelainan tulang belakang melengkung ke depan seperti membungkuk, dengan bagian posisi punggung atas lebih membungkuk.
  3. Lordosis, yaitu kelainan tulang belakang melengkung secara berlebihan ke arah depan di bagian bawah berbentuk seperti angka 2.
  4. Herniasi Diskus (HNP), yaitu kondisi ketika cakram dari intervertebralis yang terletak diantara tulang belakang mengalami kerusakan dan menonjol keluar, sehingga menekan syaraf di sekitarnya.
  5. Spondylolisthesis, yaitu pergeseran cakram invertebrata (tulang belakang) akibat trauma maupun karena kesalahan posisi secara mendadak.
  6. Stenosis, yaitu penyempitan dari saluran tulang belakang, sehingga bisa menyebabkan tekanan pada bagian saraf.

Beberapa kelainan diatas biasanya diperparah dengan osteoporosis, yaitu kondisi tulang yang menjadi rapuh dan mudah patah karena penurunan kepadatan atau densitas tulang.

Topik Terkait