img_title
Foto : Freepik.com

IntipSelebStunting merupakan kondisi masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi sehingga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak seperti metabolisme, perkembangan otak, serta pertumbuhan fisik.

Permasalahan kesehatan yang satu ini juga menjadi pemicu tinggi badan anak terhambat.

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Caessar Pronocitro, Sp,A, M.Sc menuturkan tidak ada nutrisi spesifik yang dibutuhkan untuk mencegah stunting karena kebutuhan nutrisi setiap anak yang berbeda.

Namun orang tua bisa memberikan nutrisi lengkap berimbang dengan mengutamakan gizi makro dan gizi mikro. Gizi makro merupakan gizi yang dikenal sebagai karbohidrat, protein, lemak, dan sarat. Sementara itu gizi mikro ialah vitamin dan mineral.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan memberikan 6 cara mencegah stunting pada anak jika mengutip dari pernyataan dr. Caessar Pronocitro, Sp,A, M.Sc, scroll yuk selengkapnya.

1. Merencanakan Kehamilan

freepik.com
Foto : freepik.com

Pencegahan terhadap penyakit stunting dimulai dari saat masa kehamilan. Selama mengandung ibu hamil harus mendapatkan gizi yang baik karena makanan tersebut menjadi sumber nutrisi untuk ibu dan sang calon buah hati sehingga menurunkan resiko stunting.

2. Asi Eksklusif Selama 6 Bulan

freepik.com
Foto : freepik.com

Memberikan asi eksklusif selama 6 bulan pertama kepada anak terbukti bisa mencegah stunting.

3. MPASI

TOPWISATA
Foto : TOPWISATA

Setelah buah hati berusia 6 bukan, berikan menu pendamping asi atau MPASI yang mengandung gizi lengkap seimbang.

4. Pantau Pertumbuhan

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Selalu memantau pertumbuhan anak dengan memeriksa perkembangan berat badan, tinggi badan, tingkat kepala adalah hal yang wajib dilakukan, terutama setiap bulan saat 6 bulan pertama untuk mengetahui kondisi buah hati.

5. Jaga Imun

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Jaga imun buah hati dengan melakukan imunisasi lengkap sesuai anjuran dokter propesional.

6. Lingkungan

Yoona
Foto : Yoona

Orang tua harus menciptakan lingkungan yang sehat untuk anak-anaknya, salah satu cara yang bisa dilakukan anggota keluarga adalah dengan menghindari rokok karena benda tersebut bisa meningkatkan resiko stunting.

Itu tadi deretan cara mencegah anak mengalami stunting.

Topik Terkait