img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Seiring kemajuan teknologi dan transformasi digital yang pesat, fokus untuk meningkatkan minat terhadap produk lokal kian diperkuat. Dengan semangat untuk terus mendukung ekosistem UMKM dan mendorong kemajuan bisnis lokal di Indonesia, berbagai kerjasama dan komitmen untuk memperluas aksesibilitas menjadi fokus utama di awal tahun 2024 ini. Shopee, dengan pendekatan yang inklusif dan terpadu, berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM dan brand lokal, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di seluruh penjuru Indonesia.

Sebagai bentuk upaya mendorong UMKM dan brand lokal semakin dicintai di Tanah Air, inisiatif "Shopee Pilih Lokal" hadir menjadi salah satu pilar utama Shopee sekaligus bentuk komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan ekonomi domestik. Fitur Shopee Pilih Lokal telah berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung selama paruh pertama tahun 2024, dan telah menjadi ruang istimewa pengguna dalam mencari beragam koleksi produk-produk lokal favorit yang unggul dan berkualitas. Tidak hanya pintu bagi para pelaku usaha UMKM dan brand lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas, tetapi juga dukungan dalam memperkuat brand awareness mereka di tingkat nasional.

Istimewa
Foto : Istimewa

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengungkapkan, “Kami juga bangga dalam semester awal ini Shopee dapat berkontribusi menciptakan pasar yang positif, bahkan tidak hanya kepada para pelaku usaha lokal di pusat-pusat perkotaan. Para UMKM dan brand lokal yang berdomisili di daerah-daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk ke dalam daerah dengan peningkatan transaksi tertinggi di tahun ini. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.”

Animo pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia dalam berburu produk incaran juga terlihat dari tren produk lokal paling dicari. Jika dilihat dari sudut pandang geografis dan terbagi berdasarkan letak wilayah dan waktu;

Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatera hingga Jawa

Dimulai dari ujung Barat Indonesia, berbagai produk Fashion seperti Celana Perempuan, dan Batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli masyarakat seiring pesatnya perkembangan tren fashion di dua pulau ini. Menariknya, kuliner khas seperti cemilan Keripik Pisang dari kategori Food & Beverage tak kalah ketinggalan mendominasi produk terlaris di tahun ini.

Topik Terkait