img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Jerawat di wajah menjadi salah satu permasalahan pada kulit yang kehadirannya kerap menurunkan kepercayaan diri.

Ada berbagai faktor yang memancing timbulnya jerawat, diantaranya karena faktor genetik, faktor hormon, penggunaan kosmetik, lingkungan, hingga gaya hidup.

Jerawat bisa timbul karena kulit yang tidak bersih, adanya penyumbatan pori-pori, produksi menyak berlebih di wajah, serta bakteri-bakteri lainnya.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan jerawat, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mengandung zat baik dan terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan bocoran 5 bahan yang bisa menghilangkan menurut Dokter Haekal Anshari yang dikutip dari YouTube Kata Dokter, simak yuk selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

1. Lemon

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Kandungan asam sitrat atau laktat di dalam lemot memiliki sifat antibaktero yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu vitamin C yang tinggi dalam lemon juga bisa membantu mencerahkan kulit.

2. Cuka Apel

www.freepik.com/mdjaff
Foto : www.freepik.com/mdjaff

Cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat karena ia mengandung zat seperti buah lemon yaitu sitrat atau laktat.

3. Telur

Pinterest
Foto : Pinterest

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang sensitif bagi sebagian orang karena dipercaya bisa membuat jarawat kian meradang. Kendati begitu putih telor ternyata mengandung protein dan vitamin yang bisa mengencangkan kulit sehingga mencegah menyumbatan pada pori-pori di kulit loh.

4. Minyak Kelapa

Pinterest
Foto : Pinterest

Selian kerap dimanfaatkan untuk proses masakan agar menjadi lebih sehat, minyal kelapa juga memiliki isfat anti inflamasi dan antibakteri sekaligus bisa mengurangi kemerahan pada jerawat yang meradang.

5. Madu

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Madu merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat, salah satunya bisa mmebantu mencegah jerawat dan mengurangi kemerahan pada kulit yang berjerawat.

Itu tadi deretan bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat.

Topik Terkait