img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb Make up memiliki banyak fungsi untuk memperindah penampilan, seperti menyamarkan bekas jerawat dan flek, mempertegas rahang, membuat wajah tampak fresh, dan segudang manfaat lainnya.

Hal-hal tersebut membuat make up menjadi primadona terutama di kalangan wanita. Tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek mahal untuk mendapatkan alat make up idaman.

Selain itu banyak juga orang yang menggunakan make up secara rutin untuk menunjang penampilan agar meningkatkan kepercayaan diri.

Namun tahukah kamu bahwa sering pakai make up membuat wajah menjadi lebih tua? Simak yuk menjelasan selengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Mitos atau Fakta Make Up Buat Wajah Lebih Tua

Freepik/lookstudio
Foto : Freepik/lookstudio

Sesuatu yang berlebihan tentu kurang baik untuk kesehatan dan penampilan, salah satunya terlalu sering memakai make up di area wajah.

Mengaplikasikan make up di wajah dikatakan bisa membuat wajah lebih tua. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM, karena make up bisa menutupi pori-pori sehingga mengganggu kinerjanya.

Ketika kita pakai make up otomatis setiap hari itu menutup pori-poti, di mana pori-pori itu berfungsi untuk meregulasi oksigen secara normal,” jelas dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM, melansir dari YouTube Kata Dokter, 2 Juli 2024.

Selain itu, zat kimia yang biasa terkandung dalam formula make up juga memiliki efek samping untuk wajah.

“Ketika setiap hari terkena bahan kimia dari yang ada dalam make up, otomatis akan mempercepat penuaan,” lanjut dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM.

Hindari Make Up Mengandung Oil

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Lebih lanjut, dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM juga mengungkap bahwa make up yang mengandung bahan minyak bisa lebih menempel, sehingga tentu lebih baik untuk tidak sering-sering memakainya/

Misalkan make upnya banyak mengandung oil, kenapa? Oil itu kan menutup lebih pekat di area pori-poti kita, itu lebih cepat lagi bikin kita cepat tua,” pungkas dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM.

Dengan itu perlu diperhatikan penggunaan make up agar kulit bisa beristirahat dan kesehatannya tetap terjaga.

Topik Terkait