img_title
Foto : Ilustrasi - Pixabay

IntipSelebTBC atau Tuberculosis merupakan penyakit yang menular. Penularan TBC bisa terjadi melewati droplet ketika seseorang batuk, bersin, dan ketika berbicara.

Maka dari itu, perlu adanya etika batuk dan bersin untuk menghindari penularan TBC. Mengutip dari penjelasan dr. Gammarida Maghfirah di kanal YouTube Kata Dokter, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

TBC

Freepik/brgfx
Foto : Freepik/brgfx

Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri yang menjangkiti, yakni micobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasa dikeluarkan oleh seseorang penderita TBC melalui droplet saat seseorang tersebut batuk, bersin, bahkan saat berbicara.

Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru dan mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak napas disertai batuk kronis.

Kuman TBC bisa keluar ke dalam udara bebas lalu terhirup oleh seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Pasien-pasien yang mudah terkena TBC biasanya adalah pasien usia anak, lansia, pasien dengan penurunan daya tahan tubuh atau konsumsi obat steroid atau mungkin pasien dewasa yang memang kontak erat terus-menerus dengan pasien TBC atau sedang dalam kondisi tidak fit.

Topik Terkait