img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Uap yang keluar dari rice cooker saat proses penanakan nasi dan pasta gigi kerap kali disebut-sebut bisa bermanfaat untuk kulit.

Informasi tersebut beredar luas di kalangan masyarakat, namun, bernarkah demikian?

Kali ini IntipSeleb akan mengungkap fakta di balik klaim tersebut lewat ulasan di bawah ini, simak yuk selengkapnya.

Uap dari Rice Cooker Bagus Untuk Kulit?

freepik
Foto : freepik

Ramai beredar informasi jika uap yang keluar dari rice cooker bagus untuk kesehatan kulit. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan memposisikan wajah di atas area keluarnya uap dalam waktu beberapa saat.

Namun ternyata hal tersebut tidak terbukti bisa menyehatkan kulit karena tidak ada pembentukan zat yang bisa berpengaruh pada kondisi kulit.

"Stream uap tadi kan dari nasi, dari beras yang nanti ada uapnya keluar, itu tidak berfaedah secara langsung untuk kesehatan kulit karena uapnya itu saja yang terjadi kan dari airnya ya, tapi tidak secara langsung itu bikin kesehatan secara kulit, tidak ada pembentukan apapun di situ," ujar dr. Cynthia Jayanto, M.Biomed AAM, melansir dari YouTube Kata Dokter, 29 Juni 2024.

Pasta Gigi Bisa Menyembuhkan Jerawat?

www.freepik.com/gpointstudio
Foto : www.freepik.com/gpointstudio

Selain itu beredar informasi jika pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat bahkan membantu menghilangkan komedo.

Dokter Cynthia Jayanto turut menjelaskan bahwa pasta gigi bukan merupakan obat dan sifatnya sebagai antiseptik, sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat bahkan menghilangkan komedo.

"Di dalam pasta gigi itu ada kandungan triklosan, ada kandungan baking soda, ada kandungan alkohol, dan ada satu kandungan namanya hydrogen peroxide,”

Selain itu penggunakan pasta gigi untuk jerawat hingga komedo bisa beresiko tinggi menimbulkan iritasi di wajah.

Topik Terkait