img_title
Foto : Kata Dokter/YouTube

IntipSeleb – Investasi tidak hanya soal materi atau properti, namun berinvestasi pada penampilan juga cukup penting yang mana manfaatnya akan dirasakan dalam jangka panjang.

Mencegah penuaan ini agar penampilan tetap terlihat awet muda bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya menjaga pola hidup sehat dengan diet gizi seimbang, olahraga, kelola stress, istirahat cukup, hingga mengkonsumsi minuman herbal yang satu ini.

Dalam ulasan kali ini IntipSeleb akan memberikan resep dan cara mudah membuat minuman herbal agar awet muda, tentunya dengan bahan-bahan yang ada di dapur masyarakat Indonesia. Scroll yuk selengkapnya.

Bahan-bahan Untuk Membuat Minuman Herbal Pencegah Penuaan

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Berbagai jenis tumbuhan yang tertanam subur di alam Indonesia dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan tubuh, termasuk membuat minuman herbal agar awet muda.

Untuk membuat ramuan agar kita awet muda sebetulnya banyak pilihan, segala macam bahan alam atau bahan herbal yang kaya akan vitamin A, B, E, juga yang kaya akan senyawa-senyawa antioksidan itu semuanya bersifat membuat kita lebih awet muda, artinya bersifat antiaging,” ujar Dr. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., melansir dari YouTube Kata Dokter, 28 Juni 2024.

Lebih lanjut, Dokter Inggris juga memberikan tips untuk membuat minuman harbal agar mencegah penuan dini. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  1. Air 400 ml
  2. Temu kunci 20 gram
  3. Daun pandan 1 lembar
  4. Serai 1 batang
  5. Jeruk nipis
  6. Madu

Cara Membuat Minuman Herbal Agar Awet Muda

Pinterest
Foto : Pinterest
  1. Rebus air hingga mendidih, lalu ketika sudah mendidih kecilkan api
  2. Masukan temu kunci yang sudah dikupas dan dibersihkan
  3. Masukan daun pantan yang sudah diiris halus atau kasar
  4. Masukan 1 batang serai yang sudah digeprek
  5. Tutup panci agar menjaga supaya minyak atsiri yang terkadung dalam serai tidak banyak menguap
  6. Rebus selama 15 - 20 menit dengan api kecil
  7. Jika airnya sudah tersisa setengahnya, matikan api dan diamkan selama 2 - 5 menit
  8. Saat suhu air rebusan sudah turun, tuang air rebusan ke gelas sesuai porsi lalu beri perasan 1/2 jeruk nipis dan 2 sendok teh madu

Ramuan minuman herbal agar awet muda tersebut bisa dikonsimsi 1 - 2 kali sehari, dan disarankan untuk diminum sebelum makan agar penyerapannya di dalam tubuh lebih baik.

Topik Terkait