img_title
Foto : Alodokter

IntipSelebAsam lambung naik atau yang sering dikenal sebagai GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) kini menjadi masalah kesehatan yang umum di masyarakat. Dalam video YouTube terbaru di kanal Kata Dokter, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, membahas cara-cara efektif untuk mencegah dan mengatasi kondisi ini.

GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa panas di dada dan mulut pahit. Prof. Ari menjelaskan bahwa gejala ini bisa dicegah dengan menghindari makanan dan kebiasaan tertentu.

Masalah Utama

everyday healthy
Foto : everyday healthy

Beberapa makanan dapat meningkatkan produksi asam lambung, seperti makanan yang mengandung kafein, coklat, dan keju. Selain itu, kebiasaan makan yang tidak tepat, seperti langsung tidur setelah makan, juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Makanan yang mengandung kafein dan coklat bisa memperlambat pengosongan lambung dan melemahkan klep antara kerongkongan dan lambung,” jelas Prof. Ari.

Perubahan gaya hidup merupakan kunci dalam menangani GERD. Prof. Ari menyarankan untuk menghindari tidur setelah makan dan menjaga berat badan ideal.

Topik Terkait