img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb –Kalau pori-pori besar banget bikin insecure nggak sih? Nah, siapa yang punya pori-pori besar? Sini ngumpul!

Mau wajah mulus bebas lubang kayak jalan tol? Tenang, nggak perlu perawatan laser yang mahal. Yuk, simak 7 jurus untuk mengecilkan pori-pori, seperti dilansir dari Healthline!

1. Lawan dengan Lembut

pori pori
Source: freepik/rawpixel

Jangan digosok atau dicongkel pakai kuku ya! Ini malah bikin iritasi dan pori nampak makin lebar. Mending, cuci muka dengan cara pijatan halus biar minyak dan kotoran terangkat.

2. Pilih Produk Jagoanpori pori
Source: freepik

Cari yang ada tulisan "noncomedogenic" biar pori nggak tersumbat. Kulit berminyak cocoknya sama sabun cuci muka berbentuk foam atau gel yang ringan. Sementara kulit kering butuh bantuan krim atau balm yang melembapkan.

3. Upgrade Ritual Cuci Muka

pori pori
Source: freepik/cookie_studio

Cuci muka dua kali sehari pakai sabun yang lembut dan air hangat, bukan panas, biar nggak iritasi. Jangan terlalu sering cuci muka juga ya, nanti malah jadi kering dan iritasi.

4. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

pori pori
Source: freepik/freestockcenter

Gunakan AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau BHA (Beta Hydroxy Acids) buat angkat lapisan kulit mati atas. Untuk kulit berminyak, BHA seperti salicylic acid bisa jadi senjata ampuh. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori tersumbat.

5. Coba Retinoid

pori pori
Source: freepik

Retinoid bisa bantu bersihin pori tersumbat dan mengecilkan kelenjar minyak. Tapi, konsultasi ke dokter kulit dulu ya, karena belum tentu cocok buat semua orang.

6. Steam Wajah with Style

pori pori
Source: freepik

Gunakan steam wajah herbal untuk membuka pori-pori dan mengangkat kotoran, minyak, dan sel mati. Ini bisa bantu membersihkan pori dan bikin tampilannya lebih kecil.

7. Pakai Setting Powder Andalan

pori
Source: freepik

Gunakan setting powder tabur yang bebas talk untuk menghaluskan permukaan kulit dan membuat pori tampak lebih kecil. Ini cocok banget buat kamu yang punya kulit berminyak.

Dengan jurus-jurus ini, kita bisa meminimalisir tampilan pori-pori besar tanpa harus melawan gen bawaan. Selamat mencoba dan salam wajah mulus, Inselicious!

Topik Terkait