img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Kampus jurusan Broadcasting atau penyiaran di Jakarta cukup banyak ditemui. Seperti diketahui, jurusan broadcasting atau penyiaran memang salah satu dari beberapa jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru.

Di jurusan ini, mahasiswa akan dibekali ilmu dan pemahaman tentang cara menciptakan atau mengemas sebuah ide menjadi suatu program yang akan diproduksi dan disebarkan kepada khalayak umum melalui media massa.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana cara bekerja di depan layar maupun di belakang layar.

Oleh sebab itu, mata kuliah yang diberikan di kampus tidak sebatas teori saja, melainkan juga ada banyak praktik, misalnya soal membuat konten TV, konten radio, syuting, fotografi dan lain sebagainya.

Umumnya, di semester pertama mahasiswa Broadcasting akan belajar soal mata kuliah dasar. Karena masuk ke dalam rumpun IPS, maka mahasiswa jurusan ini akan bertemu dengan pelajaran Antropologi, Sosiologi dan beberapa teori Komunikasi.

Memasuki semester 3 dan 4, mahasiswa biasanya mulai mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan penyiaran, seperti belajar menggunakan kamera, menulis naskah, fotografi, trik wawancara, hingga cara menjadi jurnalis.

Nah, di semester akhir, mahasiswa akan memilih topik skripsi atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Jika memilih skripsi, mahasiswa akan diminta untuk menganalisis fenomena sosial yang dihubungkan dengan teori Komunikasi. Sementara itu, tugas akhir diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin membuat film pendek, iklan, video klip, dan sebagainya. Tapi, soal ini tergantung masing-masing kampus, ya!

Prospek jurusan broadcasting atau penyiaran juga cukup beragam, misalnya sebagai Program Director, Manajer Teknis Penyiaran, Teknis Perlengkapan Kamera dan Fotografi, Pengajar Komunikasi, Teknisi Suara, Penyiar Berita, Wartawan, Operator Kamera untuk televisi/ video/ film, dan masih banyak lagi.

Memiliki peminat yang cukup banyak, tak heran bila sederet kampus menyediakan jurusan ini untuk menjadi destinasi studi para calon mahasiswa baru. Sayangnya, jurusan ini tidak tersedia di semua kampus.

Daftar Kampus Jurusan Broadcasting di Jakarta

Freepik
Foto : Freepik

Jurusan Broadcasting sering juga disebut sebagai jurusan Penyiaran. Biasanya, jurusan ini menjadi salah satu peminatan di program studi Ilmu Komunikasi. Tapi, ada pula beberapa kampus yang menyediakan jurusan Broadcasting tersendiri.

Berikut ini rekomendasi kampus jurusan Broadcasting di Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk melanjutkan jenjang studi.

1. Universitas Sahid Jakarta (D3)

Rekomendasi kampus jurusan Broadcasting di Jakarta yang pertama adalah Universitas Sahid. Visi dari prodi D-III Broadcasting Universitas Sahid adalah “Menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan dan pengembangan praktek kehumasan bidang pneyiaran yang bercirikan kepariwisataan dan kewirausahaan.”

Untuk kurikulumnya, di sini kamu akan mempelajari tentang Pengantar Humas, Pengantar Komunikasi, Teknik Fotografi, Creative Thinking, Teknik Vokal dan Presentasi Berita, Penulisan Naskah Radio dan Televisi, dan Teknik Kamera.

2. Universitas Indonesia (D3)

Rekomendasi kampus jurusan Penyiaran di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Indonesia. Melansir dari laman resmi UI, disebutkan bahwa tujuan pendidikan dari jurusan ini adalah untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Penyiaran Multimedia yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi.

Kompetensi lulusan yang dihasilkan dari program studi penyiaran multimedia akan memiliki skill dan knowledge tentang sistem operasional studio siaran radio dan TV, sistem pemancar radio dan juga televisi, perangkat pengembangan konten multimedia seputar animasi, penyuntingan foto/video, penggunaan peralatan kamera, pencahayaan. Para lulusan akan mampu terlibat dalam tim produksi (operasional) dan programming radio dan TV, juga di industri media yang lain.

3. London School Public Relations (S1)

Kampus jurusan Broadcasting di Jakarta selanjutnya adalah LSPR. Jurusan ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin terjun ke industri media massa. Dengan berkuliah di Fakultas Komunikasi LSPR, kamu bisa mempersiapkan diri dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di karier Broadcasting dan media digital.

4. Universitas Mercu Buana (S1)

Rekomendasi kampus jurusan Broadcasting di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Mercu Buana. Program studi ini menyiapkan lulusan dengan kemampuan akademis dan profesional di bidang Penyiaran Televisi/ Radio yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pemberitaan dan produksi non berita yang menekankan pada pemanfaatan teknologi dan wawasan kewirausahaan.

5. Universitas Esa Unggul (S1)

Jurusan Broadcasting di Universitas Esa Unggul berada di Kelas Karyawan. Maka dari itu, waktu kuliah bisa dipilih oleh mahasiswa, antara lain kelas malam, kelas Sabtu pagi, dan kelas Sabtu siang.

Lulusan Program Studi Penyiaran (Broadcasting) Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk siaran.

6. Binus University (S1)

Rekomendasi kampus jurusan Broadcasting di Jakarta selanjutnya adalah Binus University. Di kampus ini mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi membuat konsep program TV maupun radio, menulis script, serta riset dan marketing program tertentu.

Mahasiswa broadcasting bisa bekerja menjadi penyiar radio, tim kreatif, kameramen, floor director, production assistant, dan lain-lain.

7. Universitas Paramadina (S1)

Jurusan Broadcasting di kampus ini adalah salah satu program studi di Kelas Karyawan. Jurusan ini mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Bagi calon mahasiswa dari lulusan SMA/ SMK, maka harus mengikuti masa studi 8 semester atau 4 tahun dengan 144 – 147 sks.

Nah, itulah rekomendasi kampus jurusan Broadcasting di Jakarta yang bisa jadi opsi studimu selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait