img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Setiap tanggal ternyata memiliki hari peringatannya sendiri, termasuk 4 Mei.

Di tanggal ini, dunia serentak memperingati jasa para pemadam kebakaran dan juga menentang aksi perundungan. Yuk kita bahas masing-masing biar lebih jelas!

1. Hari Pemadam Kebakaran Sedunia

pemadam kebakarabn
Source: freepik/WangXiNa

Pernah dengar istilah International Firefighters' Day (IFFD)? Nah, tanggal 4 Mei itu diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Sedunia.

Penetapan tanggal ini nggak lepas dari kejadian memilukan di Victoria, Australia, di mana lima petugas pemadam kebakaran gugur saat memadamkan kebakaran hutan.

IFFD bertujuan untuk menghormati pengorbanan dan keberanian para pemadam kebakaran di seluruh dunia. Profesi ini memang penuh risiko, mereka rela mempertaruhkan nyawa demi melindungi kita semua. Jadi, di tanggal 4 Mei ini, mari kita luangkan waktu untuk mengapresiasi dedikasi, komitmen, dan pengorbanan para pemadam kebakaran, entah itu yang bertugas di perkotaan, pedesaan, hutan, relawan, pemadam profesional, industri, militer, hingga di bidang penerbangan dan olahraga balap.

2. Hari Anti-Bullying Internasional

anti bulying
Source: freepik

Selain Hari Pemadam Kebakaran Sedunia, tanggal 4 Mei juga dikenal sebagai Hari Anti-Bullying Internasional.

Pernah dengar istilah bullying? Bullying itu perundungan. Hari ini dibentuk tahun 2006 dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang perundungan, dampaknya, dan cara-cara mencegahnya.

Awal ceritanya dimulai di Kanada, ketika David Shepherd dan Travis Price membeli dan membagikan 50 kemeja pink. Mereka melakukan ini sebagai bentuk dukungan kepada Jadrien Cota, seorang siswa laki-laki yang di-bully karena memakai baju pink di hari pertama sekolah.

Aksi solidaritas ini menggeliatkan gerakan anti-bullying. Orang-orang mulai mengenakan baju pink, ungu, atau biru sebagai bentuk perlawanan terhadap perundungan.

Penting untuk diingat, bullying bisa terjadi di mana saja dan kepada siapa saja. Korban bullying bahkan bisa dua kali lebih berisiko untuk bunuh diri. Oleh karena itu, Hari Anti-Bullying Internasional ini menjadi pengingat bahwa kita semua punya peran untuk menolak segala bentuk perundungan. Dengan saling mendukung dan memerangi bullying, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk anak-anak kita.

Nah, itulah peringatan-peringatan di tanggal 4 Mei.

Topik Terkait