img_title
Foto : Instagram @sashfir

IntipSeleb – Lebaran merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain sebagai perayaan kemenangan setelah satu bulan lamanya menjalankan puasa Ramadan, lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk berpakaian istimewa.

Tak heran, bila banyak orang yang sudah mulai mencari baju lebaran atau outfit lebaran terbaik untuk dikenakan di hari raya nanti. Tak hanya soal style dan penampilan, banyak orang merasa baju lebaran juga sebagai bentuk penghormatan kepada hari yang spesial tersebut.

Tak lupa, biasanya orang-orang akan berfoto bersama dengan anggota keluarga besar. Maka dari itu, penting untuk terlihat cantik dan tampan dalam potret yang terabadikan tersebut.

Karena biasanya setiap tahun ada tren yang populer, banyak orang lantas FOMO untuk menirunya mentah-mentah tanpa disesuaikan terlebih dahulu dengan kecocokan diri. Kalau warna dan model yang dipilih cocok, berarti kamu beruntung, tapi jika tidak, bisa berakibat zonk.

Selain dari segi modelnya, banyak orang memilih baju lebaran berdasarkan kenyamanannya untuk digunakan selama seharian bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Tips Memilih Baju Lebaran

Instagram @nasariastri
Foto : Instagram @nasariastri

Nah, bagi kamu yang tengah merencanakan hendak berpenampilan seperti apa saat hari lebaran nanti, berikut ini sederet tips memilih baju lebaran yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli atau membuatnya.

1. Sesuaikan dengan ciri khas dan identitas

Meski tren fashion datang dan pergi silih berganti, biasanya setiap orang memiliki style dan selera masing-masing dalam hal berpakaian. Selera fashion ini biasanya akan menyesuaikan dengan ciri khas dan kepribadian si pengguna.

Di momen spesial seperti Idul Fitri, penting untuk menyesuaikan baju lebaran dengan style masing-masing. Dengan demikian, rasa percaya diri akan cenderung meningkat dan pengguna akan jauh lebih merasa nyaman.

2. Tentukan tema

Jika kamu berencana untuk menyeraagamkan outfit lebaran dengan anggota keluarga lainnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menentukan tema atau garis besarnya. Walaupun tips memilih baju lebaran ini tidak wajib dilakukan, tapi ini akan mempermudahmu untuk mencari baju yang sesuai.

Kamu bisa memilih tema yang mudah, seperti misalnya Arabian style, tradisional, monokrom, atau pastel dan lainnya. Tema apapun yang dipilih sama sekali tidak masalah sepanjang tidak menyimpang dari nilai keagamaan dan adat yang berlaku.

3. Kenyamanan adalah nomor 1

Tak sekadar model, pakaian adalah soal kenyamanan. Baju lebaran yang nyaman pasti akan terlihat bagus di tubuh si pengguna. Sebaliknya, ketika seseorang merasa tidak nyaman dengan baju yang dipakai maka baju tersebut tak akan terlihat memukau.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tips memilih baju lebaran selanjutnya yaitu memperhatikan kenyamanan. Pilihlah baju lebaran yang nyaman dan praktis ketika digunakan. Pastikan juga bahannya tidak panas dan modelnya tidak ketat.

Hal di atas penting untuk diperhatikan sebab ketika lebaran semua orang akan beraktivitas dan banyak bertemu orang, sehingga kamu tidak perlu lagi memikirkan bagaimana tampilanmu ketika makan opor, misalnya.

4. Pilih model yang cocok dengan bentuk tubuh

Tips memilih baju lebaran selanjutnya adalah menentukan model pakaian yang cocok dengan bentuk tubuh. Baju yang sesuai dengan bentuk tubuh akan membuat penggunanya terlihat cantik dan percaya diri ketika memakainya.

Maka dari itu, perhatikan bentuk tubuhmu, teliti bagian mana yang hendak jadi highlight dan bagian mana yang perlu disamarkan lalu cari inspirasi model baju lebaran sesuai bentuk tubuh.

5. Pilih warna yang cocok

Setiap tahun, biasanya selalu ada tren warna lebaran yang banyak diikuti oleh orang-orang dalam hal pemilihan outfit lebarannya. Akan tetapi, tidak semua warna cocok untuk semua orang mengingat keragaman warna kulit orang Indonesia yang luar biasa kaya.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan warna apa saja yang membuat kulitmu lebih cerah, warna mana yang perlu dihindari agar kamu tidak terlihat pucat dan lainnya.

6. Perhatikan bahannya

Tips memilih baju lebaran selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahannya. Pastikan bahan baju lebaranmu nyaman dan tidak gerah. Selain itu, memperhatikan bahan baju lebaran juga bisa disesuaikan dengan tema yang ingin kamu usung di hari lebaran nanti, apakah mewah, apakah kasual, apakah feminin, kamu bisa menentukannya dengan bahan yang digunakan.

7. Jangan berlebihan

Walaupun lebaran adalah hari raya, sebaiknya hindari outfit yang terlalu berlebihan, misalnya dengan terlalu banyak payet, model yang ribet, dan lainnya. Selain karena berlebihan dalam agama Islam dilarang, berpakaian berlebihan juga tidak menunjang kepraktisan dan pergerakanmu. Tak heran bila kebanyakan orang yang berpakaian heboh saat lebaran ujung-ujungnya akan mengganti pakaiannya. Jadi, kenapa tidak memilih yang nyaman sejak awal saja?

8. Pertimbangkan lokasi dan suasana lebaran

Tips memilih baju lebaran yang terakhir adalah mempertimbangkan lokasi dan suasana lebaran nantinya. Apabila akan ada acara formal, pilihlah baju yang cenderung elegan tapi tetap sopan, seperti kaftan atau dress berbahan silk dengan warna dan corak yang tidak mencolok.

Tapi, jika lebaran dirayakan di rumah saja tanpa ada acara apapun, pilihlah baju yang nyaman sesuai dengan style pribadi, seperti baju setelan atas bawah atau tunik panjang yang dipadukan dengan bawahan atau celana kulot yang nyaman.

Nah, itulah sederet tips memilih baju lebaran yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli atau membuatnya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!

Topik Terkait