img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb – Ada jenis-jenis makanan yang bisa dihindari untuk disantap ketika buka puasa karena bisa memicu perut kembung.

Perut kembung sendiri merupakan kondisi ketika pencernaan kesulitan untuk mengurai makanan tertentu yang masuk ke dalam tubuh, serta timbulnya gas berlebih.

Kondisi tersebut tentu membuat perut menjadi kurang nyaman dan bisa mengganggu kegiatan, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan saat buka puasa, terlebih jika setelahnya hendak menjalani ibadah shalat tarawih bagi umat muslim di Bulan Suci Ramadhan.

Lantas, apa saja jenis-jenis makanan yang dapat memicu perut kembung? Cari tahu yuk lewat ulasan di bawah ini.

1. Beberapa Jenis Sayuran

Pinterest
Foto : Pinterest

Sayuran tentu bagus dikonsumsi terlebih saat sedang menjalani puasa karena mengandung banyak vitamin dan serat. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang baiknya dihindari untuk disantap saat berbuka puasa.

Deretan jenis sayuran tersebut adalah kubis, kembang kol, asparagus, hingga brokoli, karena terdapat kandungan yang bisa meningkatkan jumlah gas dalam usus, sehingga menyebabkan perut tidak nyaman.

2. Minuman Mengandung Soda

Freepik
Foto : Freepik

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan ketika diminum saat berbuka puasa, terlebih jika ditambah dengan es batu.

Namun kandungan gas karbon dioksida pada minuman bersoda bisa menambah gas di dalam tubuh yang menyebabkan perut kembung.

3. Junk Food

Freepik/ wayhomestudio
Foto : Freepik/ wayhomestudio

Junk food dapat diartikan sebagai makanan yang tinggi akan kandungan kalori, lemak, gula, dan garam, sehingga kerap kali menjadi penyebab masalah pencernaan, salah satunya perut kembung.

4. Olahan Susu

Freepik/grafvision
Foto : Freepik/grafvision

Berbagai produk olahan suus seperti yogurt, es krim, hingga keju mengandung laktosa yang dapat menghasilkan gas di saluran pencernaan.

Mengkonsumsi produk olahan susu dapat memicu penumpukan laktosa di saluran pencernaan, terlebih bagi penderita intoleransi laktosa, sehinga akan menghasilan gas dan membuat kondisi perut tidak nyaman.

5. Biji-bijian

Freepik
Foto : Freepik

Meski kaya akan manfaat bagi tubuh dan bisa membuat kenyang lebih lama, namun jenis biji-bijian seperti oatmeal hingga gandum bisa meningkatkan produksi gas karena mengandung pati, serat, dan rafinosa.

Itu tadi deretan makanan yang bisa memicu perut kembung, dan ada baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Topik Terkait