img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Selalu ada yang menarik dan bisa kita rindukan dari kota Jogja atau Yogyakarta. Kota ini tak hanya dikenal sebagai pusat kebudayaan dan pariwisata, tetapi juga menyuguhkan kekayaan kuliner yang menggoda selera.

Dari makanan tradisional hingga hidangan kontemporer, berikut adalah lima tempat makan wajib yang harus kamu kunjungi saat berada di Jogja!

1. Gudeg Pawon

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Gudeg, makanan khas Jogja, bisa dinikmati secara otentik di Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan. Memasak menggunakan tungku tradisional dan bahan-bahan berkualitas, Gudeg Pawon menyajikan gudeg dengan cita rasa otentik dan nikmat. Pengalaman makan di tempat ini semakin lengkap karena pembeli bisa melihat proses memasak langsung di pawon (dapur).

2. Tempo Gelato

Instagram.com
Foto : Instagram.com

Jangan lewatkan untuk menyegarkan diri dengan es krim di Tempo Gelato, yang terletak di Jalan Prawirotaman. Dengan pilihan rasa yang unik seperti gula aren dan bubur sumsum, Tempo Gelato menyajikan es krim buatan sendiri dengan rasa yang autentik dan menyegarkan.

3. Sate Klathak Pak Pong

bakpiakukustugu.co.id
Foto : bakpiakukustugu.co.id

Terletak di kawasan Bantul, Sate Klathak Pak Pong adalah tempat yang telah lama menjadi favorit para penikmat kuliner di Jogja. Sate Klathak khas Pak Pong disajikan dengan tampilan yang unik karena menggunakan ranting klathak sebagai tusuk sate.

Daging yang digunakan pun dipilih dengan teliti, sehingga memberikan rasa yang lezat dan empuk. Pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang khas sambil menikmati sajian Sate Klathak yang menggugah selera.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Grab
Foto : Grab

Oseng Mercon Bu Narti di Jogja merupakan salah satu kuliner pedas yang sangat terkenal dan dicari oleh para pecinta makanan berbumbu. "Oseng Mercon" sendiri merujuk pada hidangan yang terdiri dari daging sapi, ayam, atau daging sapi cincang yang diolah dengan rempah-rempah khas dan dibumbui dengan cabai merah yang sangat pedas.

5. Jejamuran Resto

Travelingyuk.com
Foto : Travelingyuk.com

Bagi pecinta masakan jamur, Jejamuran Resto di Jalan Solo merupakan surga kuliner. Menghidangkan aneka hidangan jamur dari tumis hingga bakar, tempat ini menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan lezat.

6. Sate Ratu

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Ada satu rekomendasi tempat makan sate lainnya yang sangat populer di Jogja dan tentu saja tidak boleh dilewatkan. Ini adalah jenis sate merah yang dikenal dengan Sate Ratu. Sate ini terdiri dari potongan ayam yang cukup besar dan tebal, memberikan tekstur yang sangat juicy dengan sentuhan rasa yang sedikit pedas.

Selain sate merahnya yang terkenal, kamu juga dapat mencicipi hidangan lilit basah dan ceker tugel yang luar biasa. Sate Ratu menjadi salah satu destinasi kuliner di Jogja yang telah dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Dengan beragam pilihan hidangan yang lezat dan tempat-tempat makan yang unik, Jogja benar-benar memanjakan lidah para pengunjungnya. Siap menjelajahi Jogja? Selamat mencoba! (bbi)

Topik Terkait