img_title
Foto : Gmaps/eko_heriyadibikers

IntipSeleb Gaya HidupPantai Baron merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang memiliki banyak peminat. Berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, kepopuleran Pantai yang satu ini sudah banyak diketahui oleh wisatawan lokal.

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki beragam tempat wisata yang bisa didatangi kapan saja. Mulai dari wisata edukasi, wisata air, hingga wisata keluarga. Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digandrungi oleh wisatawan.

Bukan tanpa alasan. Suasana pantai yang asri dan bertanah lapang bebas, membuat siapapun yang datang sambil membawa anak-anak akan merasa bebas. Sebab, anak-anak bisa bermain dan berlari kesana-kemari sepuasnya, tak lagi hanya terpaku pada gawai untuk hiburannya.

Untuk anda yang memiliki rencana berlibur ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pantai Baron. Ada banyak hal menarik yang bisa anda temui selama berlibur ke Pantai Baron. Kira-kira ada apa saja, ya?

Yuk simak rangkuman informasi mengenai Pantai Baron mulai dari daya tarik, harga tiket hingga fasilitas yang tersedia berikut ini.

Pantai Baron

gmaps/Ayub nurs
Foto : gmaps/Ayub nurs

Banyaknya pantai yang ada di Yogyakarta, Pantai Baron menjadi salah satu yang terpopuler. Tahukah anda asal usul nama dari Pantai Baron?

Konon, asal mula nama Pantai Baron ialah dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Baron Skeber kala itu mendaratkan kapalnya di tepi pantai selatan yang kini dikenal dengan nama Pantai Baron.

Harga tiket masuk Pantai Baron

gmaps/Dea Pi
Foto : gmaps/Dea Pi

Untuk anda yang hendak datang ke Pantai Baron, tak perlu terlalu memikirkan perihal biaya tiket atau waktunya. Sebab, Pantai Baron buka selama 24 jam non stop, jadi anda bisa bebas mengunjunginya kapanpun sesuai waktu yang anda miliki.

Sedangkan untuk harganya sendiri, Pantai Baron memiliki harga pintu masuk yang cukup murah loh, yakni hanya Rp10.000 saja per orang. Sedangkan untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, anda perlu membayar tiket parkir motor sebesar Rp2000 sedangkan Rp5000 untuk mobil.

Sedangkan untuk bus, biaya parkirnya adalah Rp20.000. Kendati demikian, diingatkan bahwa harga yang tertera bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Namun kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi patokan bagi anda dalam menentukan biaya berlibur.

Daya tarik Pantai Baron

gmaps/Aditya Winarso
Foto : gmaps/Aditya Winarso

Jika anda masih ragu untuk datang, anda perlu menyimak daya tarik dari Pantai Baron agar membuat anda semakin yakin. Ada beberapa daya tarik dari Pantai Baron, berikut adalah informasinya. Lantas apa saja daya tarik dari Pantai Baron? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Teluk dan sungai bawah tanah

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Baron adalah adanya teluk dan sungai. Hal ini lah yang bisa dibilang membedakan Pantai Baron dengan pantai lainnya. Teluk ini bersumber dari sungai bawah tanah. Berbeda dengan air laut, air teluk ini memiliki rasa tawar. Selain itu warna airnya pun jernih dan mengalir deras.

Belum lagi pemandangan sekitar pantai yang seolah dilingkupi oleh bukit-bukit hijau membuat seolah keberadaan Pantai Baron tersembunyi.

2. Pemandangan alam yang indah

Selayaknya pantai yang memiliki suasana alam yang indah, Pantai Baron pun demikian. Laut pantai dengan deburan ombak ringan terasa menyenangkan ketika menyentuh kaki telanjang. Anda bisa berlarian bebas kesana kemari. Bahkan bisa juga mengajak anak-anak untuk bermain air ditepian, namun perlu untuk selalu memberikan pengawasan anda kepada mereka, ya.

Selain itu, bisa juga bermain pasir. Untuk anda yang punya peralatan membentuk pasir menjadi bentuk istana, bisa dibawa. Karena akan terasa seru menyenangkan bermain di tepian pantai. Belum lagi dengan pemandangan alam yang mendukung suasana.

3. Upacara sedekah laut

gmaps/Al Irsad
Foto : gmaps/Al Irsad

Masyarakat Yogyakarya masih kental akan tradisinya. Maka tak heran, jika Pantai Baron keap kali dijadikan lokasi untuk meneyelenggarakan upacara sedekah laut. Upacara sedekah laut ini digelar setiap tanggal 1 Syuro sesuai penanggalan Jawa.

Upacara sedekah laut ini digelar sebaga ibentuk rasa syukur para penduduk sekitar Pantai Baron akan berkah dan melimpahnya hasil laut. Hal menariknya adalah, meski berada di pinggir laut, dahulu masyarakat sekitar Pantai Baron kebanyakan tak berprofesi sebagai nelayan, melainkan petani.

Namun pada suatu ketika, ada seseorang yang menangkap ikan di pinggir pantai dan mendapatkan hasil yang banyak. Para penduduk lain pun penasaran dan ikut mencoba. Hingga lama kelamaan, ikan yang ada di pinggir pantai mulai menipis. Alhasil penduduk banyak yang menjadi nelayan untuk mengambil ikan di tengah laut menggunakan rakit kayu.

4. Mercusuar

Salah satu hal menarik dari Pantai Baron adalah adanya mercusuar yang letaknya di atas tebing beralaskan rumput hijau. Jika ingin melihat pemandangan Pantai Baron secara maksimal, anda bisa naik ke dataran tinggi ini dan bisa pula naik ke atas mercusuar.

Mercusuar ini memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. Dari Pantai Baron, ada tangga yang digunakan untuk menuju ke atas bukit tempat mercusuar berada. Jika ingin naik kesini, pastikan anda memakai alas kaki yang tepat, sepatu misalnya agar kaki anda terlindungi.

Namun, jika anda ingin naik ke bagian atas mercusuarnya, anda perlu menyiapkan tenaga ekstra. Pasalnya, untuk naik ke atas puncak mercusuar yang tingginya kurang lebih 40 meter, anda harus naik tangga. Tangganya berbentuk memutar, namun di akhir tangga akan ada tangga lagi yang bentuknya vertikal.

Setelah melewati ini, anda akan berada di puncak mercusuarnya. Dengan membayar Rp5000, lelah anda saat menaiki mercusuar akan terbayar dengan keindahan dari Pantai Baron. Maka tips jika anda ingin naik ke puncak mercusuar, siapkan setidaknya sebotol air. Karena untuk naik tangga setinggi 40 meter cukup menguras tenaga.

5. Spot foto menarik

Memiliki keindahan alam yang luar biasa, anda juga bisa mengabadikan potret anda di sini sebebasnya. Terdapat banyak perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai, banyak pula wisatawan yang memanfaatkan deretan perahu yang terparkir itu untuk background foto. Belum lagi saat sunset. Akan sangat indah jika mengabaikan siluet anda saat sunset tiba.

6. Kuliner dan souvenir

Datang ke tempat wisata, tak lengkap jika tidak mencicipi kulinernya. Di sekitaran Pantai Baron banyak penjual yang menjajakan kuliner hasil laut, misalnya saja kepiting, ikan, udang dan lain-lain.

Lalu untuk anda yang ingin mencari oleh-oleh, banyak pula yang menjajakan souvenir yang bisa anda bawa sebagai oleh-oleh saat pulang. Untuk harganya, anda juga bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga yang sesuai.

Demikian adalah sederet informasi mengenai Pantai Baron. Semoga artikel timeless di atas dapat berguna bagi anda. Selain itu, diingatkan kembali bahwa harga yang tertera bisa saja mengalami perubahan seiring perkembangan zaman.

Kendati demikian, kami berharap bahwa harga tersebut bisa menjadi patokan anda dalam menentukan biaya berlibur.

Topik Terkait