img_title
Foto : Umroh.id

IntipSeleb Gaya Hidup – Kata-kata hari Jumat berikut ini akan membantu Anda mengingat keistimewaan hari Jumat bagi umat Islam sekaligus memberikan kesejukan hati.

Di antara tujuh hari dalam seminggu, hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Hari Jumat dianggap penuh dengan keberkahan dan keutamaan.

Ada banyak ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Di antaranya adalah ibadah salat Jumat yang wajib bagi kaum lelaki, sunnah membaca surat Al Kahfi, dan juga membersihkan badan dengan sempurna di hari Jumat.

Selain itu, berbagai peristiwa penting terjadi di hari Jumat. Contohnya, hari Jumat merupakan hari di mana nabi Adam diciptakan, hari nabi Adam dimasukkan ke surga dan dikeluarkan dari surga, hingga hari akan terjadinya kiamat. Seperti hadis yang berbunyi:

Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim dan Tirmidzi).

Memang begitu banyak keistimewaan di hari Jumat. Untuk menambah kesejukkan hati di hari yang istimewa itu, berikut deretan kata-kata hari Jumat yang bijak dan penuh makna.

Baca Juga: 40 Kata-kata Hari Senin Bikin Semangat dan Nggak Bikin Loyo

40 Kata-Kata Hari Jumat yang Indah

1. Kata-Kata Hari Jumat Penuh Nasihat

Tebuireng.online
Foto : Tebuireng.online

1. “Jumat hari yang penuh berkah, jangan lupa untuk banyaklah berdoa, perbanyak sedekah, dan juga banyak tersenyum.”

2. ‘Ya Allah lancarkanlah rezekiku, permudah semua urusanku, dan limpahkanlah rahmat untukku dan orang di sekelilingku.”

3. “Sebaik-baik manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

4. “Buah kecerobohan itu adalah sesal, buah dari ketelitian itu adalah selamat.”

5. “Perbanyaklah mengingat sesuatu yang melenyapkan semua klezatan, yaitu kematian.”

6. “Hari Jumat penuh keistimewaan di mana di dalamnya terdapat waktu yang jika seorang muslim berdoa, maka doanya tidak akan tertolak.”

7. “Niat itu sesuatu yang tidak terlihat. maka perbaikilah tingkah laku agar orang lain paham bahwa niat kita sungguh baik.”

8. “Di hari Jumat ini lupakan aktivitasmu sejenak dan berikan waktu untuk menghadap kiblat. Lelaki sejati semangat berangkat di hari Jumat.”

9. “Jalani aktivitas positif di hari Jumat yang bisa memberi manfaat dan mengundang datangnya pahala.”

10. “Selamat hari Jumat yang berkah. Jangan lupa selalu perbaiki diri dengan ibadah, dan semoga semua doa-doa kita segera diijabah.”

2. Kata-kata Hari Jumat Penuh Berkah

madaninews.id
Foto : madaninews.id

1. “Siapa yang senang mempermudah kesulitan orang lain, Insya Allah dngan rahmat-Nya akan dipermudah juga urusannya di dunia dan akhirat.’

2. “Jangan mengabaikan apa yang hatimu inginkan, karena itu akan kembali lagi nantinya. Gunakan waktumu untuk mendengarkan hati.”

3. “Jadilah orang yang dermawan, tapi jangan jadi seseorang yang pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tapi jangan menjadi orang yang kikir.”

4. “Di hari Jumat, jangan lupa menebar senyum yang ikhlas kepada orang di sekeliling kita. Dan jangan lupa mengawali hari dengan doa agar Jumat semakin berkah.”

5. “Datangnya hari Jumat membawa keberkahan dalam setiap aktivitas. Berharaplah agar yang terbaik selalu menghampiri dan teruslah berupaya memperbaiki diri.”

6. “Semoga di hari Jumat ini urusan kita dipermudah, dibukakan pintu rezeki, dan segala pintu kebaikan juga terbuka lebar.”

7. “Orang yang memberi saran kepada orang lain tapi tidak memperbaiki diri sendiri ibarat lilin yang menerangi tapi hancur sendiri.”

8. “Kekayaan yang sering dibuang dan disia-siakan oleh banyak orang adalah waktu. Banyak yang tidak menghargainya sehingga rela ditukar dengan harga yang murah.”

9. “Di hari yang agung ini tempatkanlah Allah di hati dan kesampingkan dunia untuk sejenak.”

10. “Bersyukur bukan hanya karena semua berjalan baik-baik saja, tetapi karena selalu ada sisi baik di balik setiap kejadian.”

3. Kata-Kata Hari Jumat Bijaksana

saintif.com
Foto : saintif.com

1. “Hari Jumat penuh keberkahan untuk berbuat baik. Namun tak perlu menunggu hari Jumat tiba untuk berbuat kebaikan. Berbuat baiklah di setiap harinya.”

2. “Apapun yang dapat kita lihat dan apa yang tidak terlihat, patut kita syukuri agar segala kenikmatan dan keberkahan senantiasa bertambah.”

3. “Segala yang kita dapatkan seperti keindahan dan kebahagiaan, patutnya disyukuri karena itu merupakan nikmat yang didapatkan dalam umur yang pendek ini.”

4. “Hari Jumat meurpakan hari yang agung, maka memohon maaflah jika kita masih memiliki banyak dosa. Tempatkanlah penciptamu di tempat paling tinggi di hati.”

5. “Tak perlu terlalu khawatirkan urusan dunia berlebihan karena Allah telah mengatur semua yang terbaik untuk umat-Nya.”

6. “Jika kita merasa paling tinggi maka kondisi batin mungkin perlu diperiksa. Mungkin batin sedang melayang kehilangan pijakan.”

7. “Apabila dirimu merasa menjadi yang paling wangi, maka periksalah rasa ikhlasmu. Mungkin itu adalah dari amal shalihmu yang terbakar oleh riya’.”

8. “Tidak ada hal yang paling indah selain mendekatkan diri kepada sang pencipta.”

9. “Untuk mendapatkan apa yang kau suka, kau mesti dahulu bersabar dengan apa yang kau benci.”

10. “Berdoalah agar Allah senantiasa melindungi kita dari luka hati yang sulit untuk sembuh. Mintalah untuk disehatkan pikiran kita dan agar hati dipenuhi dengan kerinduan pada-Nya.”

4. Kata-Kata Hari Jumat Penuh Makna

1. “Ketuklah maka Dia akan membukakan pintu. Menghilanglah, maka Dia akan menjadikanmu bersinar seperti mentari. Sujudlah, maka Dia akan mengangkatmu sampai ke surga. Jadilah hamba dan Dia akan memberikanmu segalanya.

2. “Semoga segala doa yang dipanjatkan di hari ini akan Allah kabulkan segera. Percayalah, tidak akan ada doa yang sia-sia selama kita percaya bahwa Allah adalah segalanya.”

3. “Hidup adalah belajar. maka mau tidak mau kita akan selalu belajar. Baik dengan kerelaan hati, ataupun dengan paksaan dari lingkungan. Proses ini akan menuju pada sebuah tujuan, yakni membuat diri menjadi lebih baik.”

4. “Sebaik-baiknya waktu kita adalah saat kita menyadari segala kekurangan dan melakukan perbaikan untuk mengakui kerendahan.”

5. “Jadikanlah musibah sebagai saat untuk membuat kita semakin mendewasakan diri dan agar derajat kita semakin tinggi di sisi Allah.”

6. “Tiada hari seindah hari Jumat, tiada kata seindah dzikir, dan tiada ibadah yang paling utama selain salat.”

7. “Perbanyaklah bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat. Karena salawat kepada Nabi akan memberikan kita syafaat.”

8. “Jika ada seseorang yang jahat kepadamu, tetaplah berusaha untuk berbuat baik padanya. Karena Allah akan selalu menolongmu.”

9. “Jadikanlah musibah yang terjadi di dalam hidup kita untuk bisa membuat kita semakin mendewasakan diri dan agar derajat kita semakin menjadi tinggi di hadapan Allah.”

10. “Jadikanlah hari Jumat untuk mengalihkan rasa rindu kepada yang lebih pantas untuk dirindukan, yakni Allah dan Rasul-Nya.’ (jra)

Topik Terkait