img_title
Foto : Shutterstock

IntipSeleb – Era digital seperti sekarang tentu memudahkan kita untuk beraktivitas secara online. Mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, hingga membeli barang sesuai yang kita butuhkan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kemudahan yang dirasakan dalam digital ini akan meninggalkan jejak digital yang harus kita jaga dengan baik. Hal ini agar jejak digital kita tidak dapat diakses oleh orang lain, sehingga dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Lalu, bagaimana cara menjaga agar jejak digital tetap aman? Yuk simak di bawah ini!

Tidak membagikan informasi pribadi di media sosial

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Jangan membagikan informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, maupun tanggal lahir di media sosial. Hal ini karena media sosial merupakan platform yang dapat diakses oleh siapa saja, sehingga rentan terjadi kebocoran data hingga penipuan identitas.

Menggunakan kata sandi yang unik di setiap sosial media

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Dengan menggunakan kata sandi yang until tentunya akan sulit ditebak dan diketahui oleh orang lain, sehingga hal ini menjadi cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga jejak digital. Gunakan kata sandi yang berbeda pada setiap sosial media untuk meminimalisir terjadinya pencurian data dan penyalahgunaan akun sekaligus di media sosial.

Tidak menyimpan kata sandi di akun google

Freepik/ rawpixel.com
Foto : Freepik/ rawpixel.com

Untuk menghindari risiko keamanan tinggi di akun google, sebaiknya jangan menyimpan kata sandi di akun google yang bisa memberikan semua akses yang telah kamu simpan sebelumnya.

Hindari membagikan lokasi di media sosial

Aboutnet
Foto : Aboutnet

Cara lainnya ialah dengan tidak membagikan lokasi secara spesifik di media sosial. Meski berbagi lokasi dapat digunakan untuk beberapa hal, namun hal ini juga dapat meningkatkan risiko keamanan. Sebagai alternatifnya, kamu dapat memberikan patokan lokasi keberadaanmu tanpa memberikan alamat secara spesifik.

Selain itu, hindari juga memberitahukan lokasi keberadaanmu secara real life di media sosial untuk menghindari potensi yang ada. Sebagai gantinya, kamu dapat mengupload kegiatan beserta lokasinya ketika sudah sampai di rumah maupun berpindah lokasi.

Menggunakan incognito

shutterstock
Foto : shutterstock

Untuk menjelajahi internet dengan aman dan mengurangi jejak digital, gunakan mode incognito pada browser web sebagai alternatifnya. Mode incognito tidak menyimpan riwayat penelusuran serta otomatis menghapus cookie setelah tab incognito ditutup.

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait