img_title
Foto : VIVA

IntipSeleb – Dikabarkan akan berkunjung pada 3 September hingga 6 September 2024, ada beberapa tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus di Indonesia selama tiga hari kunjungan tersebut.

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

Penasaran Paus Fransiskus akan ke mana saja? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus di Indonesia!

Instagram/franciscus
Foto : Instagram/franciscus

1. Istana Negara

Paus Fransiskus akan mendatangi Istana Negara pada 4 September 2024. Pemimpin tertinggi Katolik Roma sekaligus Kepala Negara Takhta Suci Vatikan tersebut akan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo sekitar pukul 10.00 WIB.

Di Istana Negara, Paus juga akan menemui Korps Diplomatik, masyarakat sipil, tokoh masyarakat, dan para pejabat. Dia juga akan berpidato di tengah hadirin yang hadir di sana.

2. Kedutaan Besar Vatikan

Setelah berkunjung ke Istana Negara, tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus di Indonesia selanjutnya adalah Kedutaan Besar Vatikan atau Apostolic Nunciatura. Di sana, Paus akan menemui para anggota Serikat Yesus Indonesia. Pertemuan ini direncanakan sekitar pukul 11.30 WIB.

3. Gereja Katedral Jakarta

Setelah berkunjung ke Istana Negara dan Kedutaan Besar Vatikan, Paus dijadwalkan akan berada di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral sore harinya.

Sekitar pukul 16.30 WIB, Paus berencana menemui para uskup, imam, diakon, biawaran-biarawati, seminaris, dan katekis di sana. Pertemuan ini direncanakan berlangsung selama satu jam.

Sekitar 17.35 WIB, Paus akan sedikit bergeser ke Youth Center Grha Pemuda yang masih berada di kompleks Katedral. Di sana, dia akan menemui kaum muda dari Scholas Occurantes. Scholas Occurantes adalah organisasi internasional yang bergerak di lima benua melalui jaringan pendidikan ekstensif.

4. Masjid Istiqlal

Kemudian, pada Kamis, 5 September 2024, Paus pertama dari Ordo Serikat Yesus ini akan menghadiri Interreligious Meeting di Masjid Istiqlal. Di dalam forum tersebut, paus akan bertemu dengan para tokoh agama di Indonesia.

Masjid Istiqlal menjadi salah satu tempat yang spesial bagi Paus. Pada 4 Februari 2019 lalu, Paus mengadakan pertemuan penting di sini. Dia bersama Imam Agung Masjid Al-Azhar Mesir Sheik Ahmed el-Tayeb menandatangani Dokumen Abu Dhabi (Document of Human Fraternity). Dalam dokumen itu, para pemimpin agama menegaskan soal persatuan dan persaudaraan.

5. Kantor Konferesi Waligereja Indonesia

Setelah menghadiri acara di Masjid Istiqlal, tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus di Indonesia selanjutnya adalah kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di dalam kantor tersebut, Paus akan menemui para penerima manfaat dari organisasi-organisasi amal di Indonesia.

6. Gelora Bung Karno

Puncak dari kunjungan Paus Fransiskus adalah ketika menghadiri Misa Suci di gelora Bung Karno. Misa Agung ini akan dipimpin langsung oleh Paus. Acara ini diketahui akan dihadiri oleh ribuan umat Katolik dari berbagai wilayah Indonesia. Misa akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Nah, itulah sederet tempat yang dikunjungi Paus Fransiskus di Indonesia sepanjang 3 hari kunjungannya melawat.

Topik Terkait