img_title
Foto : Pinterest/But How

IntipSelebCara mendeteksi kamera tersembunyi agaknya perlu diperhatikan dengan seksama, terlebih mengingat banyaknya kasus perekeman diam-diam oleh pelaku kejahatan. Yang terbaru, kasus molka ini dilakukan oleh Taeil.

Selain pelecehan seksual, Taeil NCT dikabarkan juga meneror korban dengan kamera tersembunyi yang membuat korban ketakutan dan tidak merasa aman selama kurang lebih 6 tahun.

Lantas, seperti apa cara mendeteksi kamera tersembunyi? Yuk simak langkah demi langkahnya berikut ini dilansir dari Reolink.

Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi

freepik
Foto : freepik

1. Pindai lingkungan sekitar dengan cermat

Salah satu cara termudah untuk mendeteksi kamera tersembunyi adalah dengan memeriksa lingkungan sekitar secara saksama. Pencarian secara cermat akan membantu menemukan kamera tersembunyi yang "jelas" pada langkah pertama.

Tempat Paling Umum untuk Menemukan Kamera Tersembunyi di Dalam Ruangan:

  • Detektor asap
  • Peralatan penyaring udara
  • Buku
  • Dekorasi dinding
  • stopkontak listrik
  • Tanaman meja
  • Kotak tisu
  • Dll

Posisi Paling Umum untuk Menemukan Kamera & Mikrofon Tersembunyi di Luar Ruangan, antara lain:

  • Tanaman rumah
  • Lubang di pintu
  • Atap
  • Bel pintu

2. Matikan lampu di ruangan dan gunakan senter

Tutup tirai di kamar Kamu dan matikan lampu. Pastikan ruangan gelap gulita. Periksa apakah ada LED merah atau hijau yang berkedip di kamar Kamu. Nyalakan senter dan arahkan ke sekeliling ruangan untuk melihat apakah ada cahaya pantulan dari lensa.

3. Lihat jaringan WI-Fi

Sebagian besar kamera tersembunyi nirkabel terhubung ke Wi-Fi sehingga dapat dilihat dari jarak jauh. Kamu dapat memeriksa berapa banyak perangkat yang terhubung ke router untuk menemukan kamera tersembunyi.

masuk ke akun admin di router dan mencari perangkat mana yang terhubung ke Wi-Fi yang sama. Kamera tersembunyi biasanya ditampilkan sebagai "perangkat tak dikenal" atau memiliki nama yang aneh. Kamu dapat menghapus perangkat dari jaringan agar tidak berfungsi secara normal.

Jika Kamu tidak mengetahui akun admin, Kamu dapat mengunduh Aplikasi pemindaian Wi-Fi. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi semua perangkat pada jaringan Wi-Fi yang sama dengan ponsel Kamu. Cari petunjuk apa pun yang dapat menjadi tkamu adanya kamera tersembunyi.

4. Temukan kamera tersembunyi dengan HP

Kamu dapat memeriksa ruangan dengan kamera depan ponsel, yang lensanya tidak memiliki filter IR dan dapat mengidentifikasi cahaya inframerah dari kamera tersembunyi.

Cara mudah lainnya adalah mengunduh Aplikasi yang dapat membantu Kamu mendeteksi kamera tersembunyi. Ada banyak Aplikasi di toko daring yang dapat Kamu pilih. Dengan ponsel pintar dan Aplikasi, Kamu dapat menemukan kamera tersembunyi dengan cepat dan mudah.

5. Gunakan detektor kamera tersembunyi

Cara mendeteksi kamera tersembunyi selanjutnya adalah dengan menggunakan detektor kamera tersembunyi. Detektor sinyal RF (frekuensi radio) profesional atau detektor bug kamera tersembunyi lainnya cukup efektif untuk menemukan kamera mata-mata.

6. Periksa apakah ada kamera tersembunyi di balik cermin

Tempelkan kuku pada cermin, amati jarak antara jari dengan cermin. Jika ujung jari dan pantulan saling bersentuhan, ada kemungkinan terdapat kamera tersembunyi di balik cermin atau cermin dua arah.

Nah, demikianlah cara mendeteksi kamera tersembunyi yang dapat dicoba untuk memastikan dirimu aman dari pantauan kamera orang lain yang berniat jahat.

Topik Terkait