img_title
Foto : Rappler

IntipSeleb – Ada sederet fakta Paralimpiade Paris 2024 yang akan segera berlangsung mulai dari 28 September hingga 8 September 2024 mendatang waktu setempat.

Totalnya ada 4.400 atlet dari 23 cabang olahraga yang ditandingkan, yang akan memperebutkan medali emas dalam ajang multievent 4 tahunan tersebut.

Berikut ini sederet fakta Paralimpiade Paris 2024 yang perlu kamu ketahui sebelum menyaksikan pertandingannya dirangkum dari The Guardian pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Fakta Paralimpiade Paris 2024

IKAT Indonesia
Foto : IKAT Indonesia

1. Apa itu Paralimpiade?

Paralimpiade merupakan ajang internasional terbesar bagi atlet penyandang disabilitas dan perubahan masyarakat yang diselenggarakan setelah setiap Olimpiade di kota tuan rumah yang sama. Paralimpiade diadakan setiap dua tahun – bergantian antara Paralimpiade musim panas dan musim dingin.

2. Kapan Paralimpiade Paris 2024 dimulai?

Upacara pembukaan Paralimpiade musim panas ke-17 akan berlangsung di Paris pada hari Rabu, 28 Agustus malam. Seperti halnya Olimpiade musim panas ini, upacara pembukaan akan diadakan bukan di stadion, tetapi di kota, dengan lokasi yang dipindahkan dari Sungai Seine ke Champs Élysées.

"Parade rakyat" ini akan dapat diakses oleh masyarakat umum sebelum tiba di Place de la Concorde, yang sebelumnya merupakan lokasi " parc urbain " Olimpiade, yang kemudian akan menjadi puncak acara malam itu dan penyalaan obor Paralimpiade. Sementara itu, pertandingan olahraga dimulai keesokan harinya.

3. Kapan pembukaan Paralimpiade Paris 2024?

Jadwal pembukaan Paralimpiade Paris 2024 akan dilaksanakan di sepanjang Avenue des Champs-Elysees di Paris dan berakhir di Place de la Concorde pada Rabu, 28 Agustus 2025 pukul 20.00 waktu setempat atau 22.30 WIB.

4. Apa perbedaan Olimpiade dan Paralimpiade?

Olimpiade biasanya diadakan setiap 4 tahun, pada tahun kabisat. Sedangkan Paralimpiade adalah ajang internasional terbesar bagi atlet penyandang disabilitas. Paralimpiade diadakan tepat setelah Olimpiade, di kota tuan rumah yang sama.

5. Di mana Paralimpiade digelar?

Sejumlah tempat yang Anda sukai di awal musim panas akan kembali, dengan 18 dari 35 lokasi Olimpiade akan dialihfungsikan untuk Paralimpiade. Stade de France dan La Défense Arena akan kembali menjadi tuan rumah atletik dan renang, dan bersepeda akan kembali ke Saint-Quentin-en-Yvelines Velodrome. Pasir telah disingkirkan dari stadion Menara Eiffel sehingga sepak bola tuna netra dapat menggantikan bola voli pantai. Satu-satunya acara yang akan diadakan di luar ibu kota Prancis adalah menembak paralayang di Châteauroux.

6. Klasifikasi Paralimpiade

Fakta Paralimpiade selanjutnya adalah terkait klasifikasi. Salah satu ciri penting olahraga disabilitas adalah bahwa atlet dipilih untuk berkompetisi berdasarkan sifat dan tingkat keparahan disabilitas mereka.

Untuk memastikan kompetisi yang adil, semua atlet harus melalui proses klasifikasi di mana mereka dinilai oleh para ahli teknis dan medis untuk memastikan mereka dipilih dalam kategori yang sesuai. Inilah salah satu alasan mengapa ada begitu banyak medali; ada lusinan klasifikasi yang berbeda, terutama di bidang atletik.

Topik Terkait