img_title
Foto : India.com

IntipSeleb – 70 Kasus pemerkosaan dilaporkan setiap hari di India dan tentu tak bisa dibayangkan berapa banyak perempuan yang mengalami pengalaman mengerikan dan traumatis tersebut.

Yang terbaru, dokter magang di Rumah Sakit RG Kar Medical College Kolkata pada 9 Agustus 2024 lalu tewas diperkosa dengan kondisi yang sangat mengenaskan. Kasus ini lantas memicu gelombang protes yang sangat besar dari berbagai lapisan masyarakat.

Berikut ini daftar kasus pemerkosaan paling mengerikan di India dirangkum dari berbagai sumber yang menunjukkan betapa minimnya ruang aman bagi perempuan di sana.

Istimewa
Foto : Istimewa

1. Kasus Pemerkosaan Dokter Moumita Debnath

Dokter Moumita Debnath merupakan dokter di Kolkata, India yang tewas diperkosa oleh belasan orang dengan brutal dan kejam. Ditemukan banyak luka parah di tubuh korban akibat pemerkosaan yang ia alami serta 150 ml sperma dalam tubuhnya.

Akibat peristiwa naas tersebut, beredar tagar #JusticeForMoumita yang trending di media sosial baru-baru ini. Gelombang dukungan bagi keadilan korban pun muncul mengingat alasan kematian Moumita Debnath yang mengenaskan.

2. Kasus Pemerkosaan Nirbhaya

Kasus pemerkosaan paling mengerikan di India selanjutnya adalah kasus yang menimpa Nirbhaya. Pada tahun 2012, seorang gadis anonim (dijuluki Nirbhaya oleh media) diperkosa saat bepergian dengan bus pada tengah malam bersama temannya. Enam pria, salah satunya adalah seorang remaja, dituduh melakukan pemerkosaan dan dinyatakan bersalah.

Korban, Nirbhaya, dipukul di kepalanya dengan batang besi setelah diperkosa. Dia meninggal karena beberapa luka. Ram Singh, salah satu pemerkosa, bunuh diri saat dipenjara. Empat orang dijatuhi hukuman mati dan remaja itu dikirim ke fasilitas penahanan dan dibebaskan setelah 2 tahun.

3. Kasus Pemerkosaan Hyderabad 2019

Seorang dokter hewan berusia 26 tahun dari Hyderabad diperkosa beramai-ramai, dibunuh, dan kemudian dibuang di pinggir jalan. Menurut Kepolisian Telangana, korban telah berhenti di pintu tol di Shamshabad, dekat Hyderabad dengan skuternya. Dua pengemudi truk, bersama dengan asisten mereka, dengan sengaja menusuk kendaraannya dan berpura-pura membantunya, membawanya ke pinggir jalan dan mendorongnya ke semak-semak.

Dia kemudian diperkosa beramai-ramai oleh para pemerkosa dan kemudian dibunuh. Pemerkosa itu terbunuh dalam sebuah perkelahian menurut Kepolisian Telangana.

4. Kasus Pemerkosaan Berkelompok di Hathras

Kasus pemerkosaan paling mengerikan di India lainnya yang tak kalah membuat merinding adalah kasus di Hathras. Seorang gadis Dalit berusia 19 tahun diperkosa beramai-ramai oleh empat pria yang berasal dari kasta yang dianggap 'lebih tinggi' dari kasta gadis tersebut.

Pemerkosaan itu dilakukan di Hathras, Uttar Pradesh. Korban pemerkosaan dirawat di rumah sakit di Delhi, di mana ia meninggal dua minggu kemudian. Lebih parahnya lagi, personel Kepolisian UP mengkremasi korban pemerkosaan tanpa izin atau kehadiran anggota keluarganya. Kasus ini memicu protes besar-besaran terhadap Kepolisian UP.

5. Kasus Pemerkosaan Kathua

Seorang gadis kecil beruia 8 tahun diculik, diperkosa ramai-ramai dan dibunuh. Kejahatan yang tidak termaafkan itu terjadi di dusun Rasana dekat Kathua di Jammu dan Kashmir, India. Gadis itu dilaporkan hilang dan penduduk desa mencarinya ketika mereka menemukan mayatnya satu kilometer jauhnya dari desa mereka.

Terdakwa ditangkap dan diadili di pengadilan pada 16 April 2018 di Kathua. Tuntutan diajukan terhadap 8 pria pada bulan April 2018.

6. Kasus Pemerkosaan Badaun

Kasus pemerkosaan di India paling mengerikan selanjutnya adalah kasus pemerkosaan Badaun. Pada tanggal 27 Mei 2014, di Desa Katra, distrik Badaun, Uttar Pradesh, dua gadis muda diperkosa beramai-ramai dan dibunuh.

Setelah penyelidikan yang panjang, CBI menyimpulkan bahwa ‘Tidak Ada Pemerkosaan’ dan para tersangka dibebaskan. Namun pengadilan POSCO menolak laporan penutupan CBI pada tanggal 28 Oktober 2015.

7. Kasus Pemerkosaan Jurnalis di Shakti Mills

Kasus pemerkosaan paling mengerikan di India selanjutnya adalah kasus yang menimpa jurnalis di Shakti Mills. Jurnalis foto berusia 22 tahun itu diperkosa beramai-ramai oleh 5 orang pria, termasuk seorang remaja di Shakti Mills, Mumbai.

Korban dikabarkan sedang magang di sebuah majalah di Mumbai saat kejahatan dilakukan. Tiga orang dijatuhi hukuman mati pada tanggal 4 April 2014 sementara 2 lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Topik Terkait