img_title
Foto : Flickr

IntipSelebBuah parijoto mungkin saja masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, meski buah ini kerap ditemui di kawasan Jawa Tengah.

Beredar rumor jika buah parijoto bisa membuat bayi terlahir cantik dan ganteng kalau dikonsumsi oleh sang ibu pada saat mengandung.

Lantas, benarkan demikian? Kenalan lebih dekat yuk dengan buah parijoto lewat ulasan di bawah ini.

Khasiat Buah Parijoto

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Buah berwarna merah keunguan ini memiliki cita rasa asam dan bentuknya yang menyerupai anggur namun lebih kecil. Parijoto kerap ditemui di kawasan Jawa Tengah meski keberadaannya terbilang cukup jarang ditemui.

Belum ada bukti ilmiah yang membenarkan jika buah parijoto bisa membuat bayi terlahir cantik dan ganteng. Kendati begitu, buah ini memiliki segudang khasiat yang bermanfaat bagi tubuh loh!

Lewat kanal YouTube Kata Dokter, DR. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si. menuturkan jika buah parijoto baik dikonsumsi oleh ibu hamil kafena kandungan antioksidannya yang tinggia.

"Buah parijoto ini ketika dikonsumsi oleh moms yang hamil akan memberikan imunitas tubuh yang lebih baik, sehingga para moms yang hamil tidak gampang sakit, tidak gampang terinveksi," ujar DR. (Chand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.

Buah parijoto terbukti mengandung senyawa fenol dan memiliki aktivitas antioksidan. Kandungan ekstrak kasar dalam buah parijoto mencapai 408 mg GAE/g.

Jika dikonsumsi secara rutin namun tidak berlebihan, kandungan buah parijoto bisa membantu daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Nutrisi, vitamin, mineral, dan zat-zat antioksidan dalam buah parijoto yang dikonsumsi ibu hamil akan diterima oleh sang janin dan ketika lahir ia akan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Dengan itu meski belum terbukti secara ilmiah bisa membuat bayi terlahir cantik dan ganteng, namun buah parijoto bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh sang buah hati.

Cara Konsumsi Buah Parijoto

Kata Dokter/YouTube
Foto : Kata Dokter/YouTube

Buah parijoto bisa dikonsumsi langsung setelah cuci bersih dan bisa disantap oleh semua orang dalam takaran wajar.

Cita rasanya yang asam membuat buah parijoto cocok dijus bersama buah-buah lainnya hingga dijadikan rujak.

Namun perlu dicatat bagi penderita asam lampung untuk mengkonsumsi buah parijoto setelah makan ya.

Topik Terkait