img_title
Foto : Instagram/franciscus

IntipSelebPaus Fransiskus akan segera berkunjung ke Indonesia. Pemimpin Gereja Katolik dan Uskup Roma ini menjalani perjalanan apostolik bersejarah di Tanah Air mulai 3 hingga 6 September 2024. Puncaknya, Pope Francis akan menggelar Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno.

Untuk lebih mengenal Paus Fransiskus, yuk intip profil dan biodata lengkapnya!

Latar Belakang dan Pendidikan

VIVA
Foto : VIVA

Paus Fransiskus lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio pada 17 September 1936 di Buenos Aires, Argentina. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara yang lahir dari Mario José Bergoglio, seorang akuntan imigran Italia, dan Regina María Sívori, seorang ibu rumah tangga berdarah Italia. Ayahnya datang ke Argentina pada tahun 1929 untuk melarikan diri dari rezim fasis di Italia.

Paus Fransiskus menyelesaikan pendidikan sebagai teknisi kimia dari sebuah sekolah teknik. Ia kemudian bergabung dengan novisiat Serikat Jesus pada tahun 1958 dan menyelesaikan studinya dalam bidang humaniora di Chili. Pada tahun 1963, ia kembali ke Argentina dan memperoleh gelar dalam bidang filsafat. Ia mengajar sastra dan psikologi di dua perguruan tinggi berbeda dari tahun 1964 hingga 1966.

Masa Kependetaan

Topik Terkait