img_title
Foto : Istimewa

India – Kematian Dokter Moumita Debnath hingga kini masih menjadi misteri. Di sela-sela penyelidikan kasusnya, muncul 2 teori konspirasi kematian Dokter Moumita Debnath yang dipercayai publik, terlebih mengingat adanya kejanggalan dalam kasus tersebut.

Lantas, apa saja dugaan-dugaan yang muncul dalam kasus pemerkosaan dan pembunuhan dokter India tersebut? Yuk simak penjelasan teori konspirasi kematian Dokter Moumita Debnath dirangkum dari berbagai sumber!

1. Dugaan bahwa pihak kepolisian menutup-nutupi

Istimewa
Foto : Istimewa

Tak sedikit orang, khususnya keluarga dokter Moumita Debnath yang sangat tidak puas atas penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Menurut pihak keluarga, sejak awal sudah terlalu banyak kejanggalan, termasuk lambatnya izin orang tua yang harus menunggu 3 jam sebelum diperbolehkan melihat jenazah, lambatnya laporan hasil otopsi dan penangkapan mendadak seorang warga sipil.

Para dokter juga berkomentar bahwa tingkat keparahan luka yang dialami oleh dokter Moumita Debnath dilihat dari jasadnya, sudah jelas menunjukkan bahwa ada lebih dari satu pelaku.

Ada laporan yang menunjukkan bahwa polisi meminta agar jasad langsung dikremasi, walaupun pihak kepolisian Kolkata membantah hal ini dan pada akhirnya jenazah tak langsung dikremasi.

Partai oposisi di India, BJP, juga menuduh polisi terlibat dalam upaya menutupi kasus secara besar-besaran demi melindungi beberapa oknum yang sebenarnya bersalah namun memiliki kekuasaan. Dugaan ini semakin kuat dengan adanya serangan tengah malam di rumah sakit pada 15 Agustus lalu saat para wanita berdemo atas kasus ini. Hal ini memunculkan dugaan adanya upaya penghilangan barang bukti.

Pemimpin opisisi, Suvendu Adhikari mengklaim bahwa isi perut dari Dokter Moumita Debnath sudah diubah dan dia menuduh kepolisian Kolkata memalsukan bukti yang ada.

2. Jaringan Perdagangan Organ Ilegal

Facebook
Foto : Facebook

Menurut sumber CBI, ada informasi bahwa Dokter Moumita Debnath dihabisi untuk mencegah dirinya mengungkap jaringan perdagangan organ ilegal yang beroperasi di rumah sakit tempatnya bertugas. Hal ini didapatkan dari proses investigasi yang telah lama dilakukan.

CBI telah memeriksa 13 orang tambahan, sehingga ada total 19 orang yang diinterogasi selama 2 hari. Dan lebih dari separuhnya mengonfirmasi bahwa ada jaringan perdagangan organ manusia yang diduga beroperasi di luar rumah sakit.

Kabarnya, beberapa orang penting juga terlibat dalam perdagangan organ tersebut. Bahkan dari petunjuk yang ada 4 nama yang telah lama dicurigai, antara lain 3 dokter dan 1 staff rumah sakit.

Keempat orang tersebut dilaporkan juga terkait dengan sebuah partai dan dituduh tak hanya melakukan perdagangan organ ilegal tapi juga bisnis seks dan narkoba.

Nah, demikianlah sederet penjelasan terkait teori konspirasi kematian Dokter Moumita Debnath yang mengguncang publik India hingga saat ini.

Topik Terkait