Foto : Pinterest/Lin's Cakes (@linscakes)

IntipSelebEs kuwut adalah salah satu jenis minuman yang berasal dari daerah Pulau Dewata, Bali. Es kuwut sangat cocok sekali jika dikonsumsi saat anda mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali, diiringi dengan cuaca yang sedang terik-teriknya.

Minuman yang satu ini bisa menjadi salah satu minuman favorit di tempat-tempat wisata di Bali. Pulau Dewata sendiri yang memang banyak dikenal dengan wisata pantainya, tentu memiliki cuaca terik. Oleh sebab itu, tak sedikit wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bali juga menyempatkan dirinya untuk mencicipi minuman yang satu ini.

Menikmati es kuwut di tengah cuaca panas di tempat wisata di Bali, bisa menjadi solusi sebagai agar anda bisa lebih banyak mengeksplor daerah wisata yang sedang anda kunjungi. Sebab, kesegaran dari es kuwut untuk mampu mengembalikan stamina anda agar tidak lesu akibat paparan sinar matahari. Rasanya yang manis, segar dan juga dingin, dijamin, anda akan dibuat ketagihan dan ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Karena berasal dari Bali, es kuwut mudah sekali ditemui di pulau favorit kunjungan para turis tersebut. Kendati demikian, di beberapa kota besar di Indonesia juga banyak yang menjajakan es kuwut khas Bali ini.

Meski keberadaannya tidak terlalu menjamur seperti es-es lainnya, saat bulan Ramadhan, es yang mirip seperti es kuwut Bali banyak dijajakan sebagai minuman untuk berbuka puasa. Selain itu, meski belum terlalu banyak, tapi perlahan keberadaan es kuwut Bali di kota-kota besar seperti Jakarta mulai terlihat eksistensinya.

Bahkan banyak pula yang menjajakan es kuwut ala khas Bali ini dengan harga yang cukup terjangkau. Namun jika memang anda ingin merasakan yang cita rasa khas asli Bali, anda bisa mendatangi tempat makan yang memang menjual makanan khas Bali atau resto-resto lainnya.

Sesuai dengan namanya, es kuwut merupakan minuman yang terbuat dari bahan dasar kelapa muda. Karena sekadar informasi, kuwut memilik arti kelapa. Potongan daging kelapa muda itu nantinya akan disajikan bersama dengan potongan buah melon dan juga jeruk nipis.

Bisa dibayangkan bukan, rasa segar yang dihasilkan dari perpaduan bahan-bahan tersebut. Jika penasaran dengan es kuwut akan tetapi anda tidak tinggal di Bali, maka jangan khawatir. Es kuwut bisa anda buat sendiri di rumah lho! Caranya pun sangat mudah.

Selain itu, bahan yang dibutuhkan pun tidak perlu terlalu banyak dan harganya pun terjangkau. Penasaran dengan cara membuat es kuwut? Yuk simak artikel ini untuk lebih lengkapnya tentang cara membuat es kuwut khas Bali.

1. Es Kuwut Khas Bali

Foto : Instagram/@rini_s456

Bahan-bahan es kuwut Bali

- 2 buah melon
- potongan daging kelapa muda (sesuaikan dengan selera)
- 2 buah jeruk nipis
- 8 sdm gula pasir yang telah dicairkan
- 8 sirup rasa melon
- 1 sdm biji selasih
- 1 gelas air putih

Cara membuat es kuwut Bali

1. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras jeruk nipis tadi. Usahakan jangan campai terbawa ampas dan bijinya, bisa gunakan saringan.
2. Tuangan 1 sdm biji selasih, kemudian tuang dengan air. Aduk-aduk sebentar kemudian diamkan hingga matang
3. Lalu serut buah melon yang telah disediakan hingga selesai. Lalu lalukan hal yang sama pada daging kelapa muda (diiris memanjang).
4. Setelah semua bahan siap, anda hanya perlu mencampurkan semuanya. Siapkan wadah, tambahkan daging kelapa muda, buah melon, kemudian aduk-aduk.
5. Tuangkan air jeruk nipis, gula pasir cair dan juga sirup rasa melon. Jangan lupa, tambahkan pula biji selasih yang sebelumnya telah anda rendam.Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian tambahkan 1 gelas air lalu aduk kembali supaya aroma jeruk nipis bersatu dengan bahan lainnya, sehingga ketika dimakan, rasanya lebih segar.
6. Terakhir, tambahkan es batu. Es kuwut Bali siap disajikan!

2. Es Kuwut ala rumahan

Foto : Instagram/@farhianainna

Untuk es kuwut yang satu ini, tidak akan menggunakan daging kelapa muda, akan tetapi diganti dengan jeli rasa kelapa muda agar lebih murah namun juga tak terlalu mengubah cita rasa.

Bahan-bahan es kuwut ala rumahan

- 1 sachet nutrijel kelapa muda (pengganti daging kelapa muda)
- 3 sdm gula pasir
- 1 sachet susu kental manis
- 1 sachet santen
- 600 ml air
- sejumput garam
- biji selasih
- melon kecil
- sirup melon
- 1 jeruk nipis

Cara membuat es kuwut ala rumahan

1. Langkah pertama adalah membuat jeli yang memiliki rasa kelapa muda. Caranya, tuangkan bubuk sachet jeli rasa kelapa muda, tambahkan dengan 3 sdm gula pasir, 1 sachet susu kental manis dan juga santen instan. Jangan lupa tambahkan sejumput garam dan tambahkan 600 ml air dan aduk-aduk hingga rata. Barulah setelah itu didihkan dengan api sedang.
2. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih, setelah mendidih, siapkan wadah atau loyang, tuangkan kemudian diamkan hingga adonan jeli mengeras.
3. Selagi menunggu, iris tipis jeruk nipis dan juga seduh 1 sdm selasih dengan air panas dan tunggu hingga matang.

4. Serut daging melon memanjang. Kemudian setelah jeli kelapa mudanya mengeras, anda bisa mulai membentuknya menjadi memanjang.
5. Caranya dengan mengambil potongan jeli kelapa muda kemudian serut dengan alat serut.
6. Setelah itu tuangan sirup, air dan aduk hingga rata. Setelah siap, anda bisa mulai menyusun semuaya.
7. Siapkan wadah, tambahkan melon, irisan jeruk nipis, selasih, dan juga tambahkan air yang telah dicampur dengan sirup. Tambahkan pula es batu dan es kuwut ala rumahan siap disajikan.

Demikian adalah informasi terkait dengan es kuwut Bali dan cara membuatnya. Keberadaan es kuwut Bali menjadikan Indonesia menjadi negara yang penuh dengan keanekaragaman kuliner yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Kini es kuwut Bali tak hanya populer di Bali, namun juga populer di kota-kota besar lainnya. Bahkan tak sedikit yang menjual es kuwut Bali dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi anda tak perlu khawatir tidak bisa mencicipi minuman yang satu ini, sebab di kota seperti misalnya Jakarta atau Bekasi, es kuwut Bali mulai banyak dijajakan dengan dipatok harga sebesar Rp5000 saja.

Semoga informasi di atas terkait es kuwut Bali dapat bermanfaat bagi anda. Selain itu, informasi terkait resep atau cara membuat es kuwut Bali di atas bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk membuat es kuwut Bali di rumah.

Tak hanya itu saja, untuk anda yang sedang bingung ingin mulai berbisnis apa, tidak ada salahnya anda mencoba untuk berjualan es kuwut Bali. Selain menguntungkan untuk anda, secara tidak langsung juga anda memperkenalkan kuliner daera lain dari Indonesia ke orang lain. Hal ini tentunya baik, sehingga kuliner di Indonesia tidak akan pernah mati dan tetap lestari. (nes)

Topik Terkait