Foto : Pexels/Adityo Cahyo

IntipSelebManfaat buah salak rupanya sangat bagus dan banyak loh untuk kamu konsumsi. Pasalnya, siapa yang tak mengenal buah satu ini. Memiliki sisik bagian luarnya, di dalamnya terasa daging kenyal untuk kamu santap.

Manfaat buah salak yang bagus untuk tubuh diantaranya kesehatan, penuaan, dan lain sebagainya. Manfaat buah salak dapat dihasilkan karena di dalamnya terdapat serat dan vitamin yang bantu turunkan berat badan hingga stabilkan gula darah.

Salak menjadi salah satu buah-buahan dari keluarga tanaman palem yang bisa dimakan. Teksturnya yang renyah dan berair sangat lezat untuk dikonsumsi sehingga manfaat buah salak pun berkhasiat.

Manfaat buah salak atau dengan nama latin salacca zalacca ini dari zat-zat di dalamnya. Manfaat buah salak tersebut terdiri dari zat berikut:

- Karbohidrat.
- Serat.
- Vitamin C.
- Vitamin B2.
- Kalium.
- Kalsium.
- Fosfor.
- Folat.
- Zat besi.

Meski salak memiliki kandungan-kandungan yang akan memberikan sebuah manfaat bagi kamu dalam pengonsumsian, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui cara memilih bauh salak yang baik, yaitu:

- Pilihlah buah yang berbentuk lonjong dengan bagian pucuk yang meruncing.
- Buah salak yang sudah matang biasanya memiliki kulit permukaan bersih, mengilap, serta berwarna cokelat kehitaman atau kuning kecokelatan.
- Perhatikan sisik kulit salak dengan saksama. Idealnya, semakin tua atau matang salak, maka sisiknya nampak besar dan tidak rapat.
- Permukaan kulit buah yang sudah matang juga umumnya halus karena bulu-bulu kasarnya sudah rontok.
- Bagian ujung buah yang meruncing umumnya terasa lunak (bukan lembek) ketika ditekan.
- Hindari salak yang ketika ditekan ujungnya justru mengeluarkan air karena ada kemungkinan busuk.

Lantas, apa saja manfaat buah salak yang bagus untuk kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum berbagai sumber untuk menginformasikan kamu mengenai manfaat buah salak. Yuk langsung cek ke bawah untuk tahu selengkapnya manfaat buah salak! check it out.

Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat buah salak pertama ialah menjaga kesehatan jantung. Buah salak dikenal memiliki kandungan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu kalium. Ini dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kerja jantung tetap optimal.

Kalium juga bisa mengatur cairan tubuh agar tetap seimbang, menjaga fungsi saraf, menjaga kepadatan tulang, dan membuat kamu terhindar dari batu ginjal. Tak hanya itu, antioksidan dalam salak bisa menjaga kesehatan pembuluh darah kamu loh teman-teman.

Pencernaan Lebih Lancar

Banyak yang percaya bahwa salak menjadi salah satu penyebab sembelit atau susah buang air besar (BAB). Faktanya, anggapan atau teori masih belum dibuktikan mengenai kebenarannya. Sebaliknya, makan buah salak tanpa membuang kulit arinya justru bisa membatu melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Pasalnya, baik daging maupun kulit ari buah mengandung nutrisi seperti serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten yang bermanfaat untuk sistem pencernanan. Sebagai contoh, serat dalam buah ini dapat membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Selain mencegah sembelit, kandungan tanin pada salak juga mempunyai manfaat sebagai antimikroba alami yang baik untuk usus dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Buah bersisik yang kaya nutrisi ini rupanya juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini karena adanya senyawa polifenol dan flavonoid yang berkhasiat untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain hal tersebut, kedua senyawa di atas juga berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun kebenaran hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dari salak ini.

Bantu Memperbaiki Jaringan Tubuh Rusak

Mengingat tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C, maka Anda membutuhkan asupan dari makanan dan minuman lainnya. Salak mengandung vitamin C alami yang mempunyai khasiat untuk memperbaiki sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menangkal radikal bebas.

Bahkan tak hanya itu, vitamin C juga penting untuk memicu produksi kolagen, yaitu jenis protein yang menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut serta agar otot tetap lentur.

Perlancar Sirkulasi Darah

Salak mengandung jenis mineral di dalamnya. Kandungan zat besi pada buah salah mempunyai manfaat untuk membantu agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan baik. Selain itu, zat besi juga merupakan komponen penting dari hemoglobin.

Hemoglobin yaitu zat dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Apabila tidak mempunyai zat besi yang cukup, tubuh juga tidak mempunyai sel darah merah yang sehat. Lalu, sekitar 6% zat besi merupakan komponen protein yang penting untuk pernapasan, metabolisme, serta kekebalan tubuh.

Bantu Jaga Kesehatan Serta Kekencangan Kulit

Kamu juga dapat memanfaatkan buah salak untuk kulit yang sehat loh. Ketika kamu rutin mengonsumsi sayur dan buah maka tubuh kamu akan mendapatkan sinyal nutrisi baik.

Sebagai contoh, kandungan flavonoid pada salak juga mempunyai manfaat untuk menjaga pigmentasi kulit. Selain itu, dalam sebuah penelitian yang diterrbitkan dalam Clinics in Dermatology juga dikatakan bahwa flavonoid mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga membantu menangkal radikal bebas. Hal ini pula yang membuat flavonoid berkhasiat untuk menjaga kualitas serta penampilan kulit secara keseluruhan.

Stabilkan Berat Badan

Diet untuk menjadi lebih sehat kini banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Kamu dapat menjadikan salak ini sebagai cemilan sehat kamu loh teman-teman karena dapat membantu stalbilkan berat badan. Di mana kandungan serat serta antioksidan pada salak dapat membantu tubuh kamu merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu saja, kandungan kalsium dan karbohidrat pada salak juga mempunyai khasiat untuk mendukung kebutuhan energi saat kamu sedang menjalani program diet. Walaupun begitu, konsumsi salak secukupnya sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

Bantu Memperkuat Tulang

Ada pula kandungan mineral seperti zat besi dan kalsium pada salak yang mempunyai manfaat untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang serta memperkuat otot dan sendi. Tak hanya itu, zat besi dan kalsium juga berperan untuk mengatur kekentalan darah serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kalium dan pektin dalam salak dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Kandungan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan memori. Selain itu, terdapat antioksidan dalam buah salak yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif atau penurunan fungsi sel saraf otak.

Asam Urat Terkontrol

Manfaat terakhir dari buah salak adalah mengontrol kadar asam urat. Salak memiliki kandungan yang menghambat terbentuknya enzim xanthin oksidase. Enzim tersebut adalah enzim yang berperan dalam produksi asam urat. (Cy)

Topik Terkait