Foto : Siloam Hospital

IntipSelebDemam bukanlah suatu penyakit, melainkan merupakan respon daya tahan tubuh terhadap adanya infeksi atau penyakit. Meski begitu, demam menjadi suatu hal yang harus diwaspadai dan diatasi, terlebih jika demam terjadi pada anak.

Suhu normal anak berkisar antara 36,5-37,5°C. Jika suhu meningkat diatas angka tersebut, maka anak dapat dikategorikan terkena demam. Yuk simak penjelasan dari dr. Caessar Pronocitro di kanal YouTube Kata Dokter!

Solusi Mengatasi Demam pada Anak

Anak yang terkena demam dapat segera diberi tindakan, diantaranya:

  1. Memberikan cairan yang cukup pada anak. Bagi bayi dibawah usia 6 bulan, pastikan sang ibu memberikan asi dengan jangka waktu sering. Lalu bagi bayi diatas 6 bulan, dapat diberikan cairan dalam bentuk air putih maupun kuah
  2. Menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman
  3. Memberikan obat penurun demam sesuai dosis yang diberikan dokter

Demam Butuh Pemeriksaan Segera

Foto : Freepik/peoplecreations

Terdapat beberapa kondisi demam pada anak yang harus segera dilakukan pemeriksaan untuk menghindari permasalahan serius. Kondisi tersebut yaitu ketika:

  1. Mengalami demam dengan suhu diatas 38 °C pada bayi dengan usia di bawah 3 bulan
  2. Suhu meningkat diatas 40°C pada bayi dengan usia diatas 3 bulan
  3. Suhu tetap berada diatas 39°C selama lebih dari 24 jam pada anak dibawah usia 2 tahun, atau lebih dari 72 jam pada anak diatas usia 2 tahun
  4. Demam yang disertai kejang, anak dengan kondisi tampak sangat lemah, anak sulit diberikan cairan, maupun gejala mengkhawatirkan lainnya

Obat Penurun Demam untuk Memberikan Rasa Nyaman

Foto : Pexels.com

Pemberian obat penurun demam sebaiknya ditujukan untuk memberikan rasa nyaman pada anak, bukan untuk menurunkan suhu secepat mungkin. Karena seperti yang telah dipaparkan, bahwa demam ialah kondisi ketika daya tahan tubuh optimal melawan infeksi atau penyakit. Jika demam sudah teratasi, maka demam akan hilang secara bertahap.

Hal yang Perlu Dijauhkan Ketika Anak Demam

Foto : Siloam Hospital

Ketika anak demam, terdapat beberapa hal yang perlu dijauhkan untuk memberikan rasa nyaman pada anak. Hal tersebut adalah mengompres badan dengan suhu dingin, memberikan pakaian yang terlalu tebal, mengoleskan bahan yang tidak berhubungan dengan penanganan penyakit (dapat meningkatkan suhu dan iritasi pada kulit), serta menjemur anak dalam kondisi demam (dapat meningkatkan risiko dehidrasi).

Penulis: Najwa Syifa Annisa

Topik Terkait