Foto : Berbagai sumber

IntipSelebKebumen, surga tersembunyi di Jawa Tengah, menawarkan pesona wisata yang tak kalah memukau dengan tetangganya.

Gak perlu khawatir soal ongkos, di sini kamu bisa bersenang-senang tanpa bikin dompet tipis! Yuk, intip beberapa rekomendasi tempat wisata di Kebumen yang ramah di kantong!

1. Goa Jatijajar


Source: Tiket.com

Bosan dengan pantai? Jelajahi perut bumi di Goa Jatijajar! Gua sepanjang 250 meter ini dihiasi stalaktit dan stalagmit yang dramatis. Di sini, kamu juga bisa menemukan diorama dan patung yang menceritakan legenda Raden Kamandaka. Harga tiket masuknya pun bersahabat: Rp 5.500 untuk anak-anak dan Rp 12.500 untuk dewasa.

Lokasi: Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

2. Pantai Menganti


Source; kementerian keuangan

Siapa bilang pantai indah harus mahal? Buktinya, Pantai Menganti! Dijuluki sebagai salah satu pantai terindah di Jawa Tengah, pantai ini menawarkan panorama laut biru yang memukau, dikelilingi tebing karst yang eksotis. Ombaknya yang tenang cocok untuk berenang dan bermain air. Tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp 20.000 sudah termasuk parkir.

Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

3. Pemandian Air Panas Krakal

Ingin memanjakan diri dengan air hangat alami? Kunjungi Pemandian Air Panas Krakal! Pemandian ini menawarkan kolam air panas dengan khasiat menyehatkan. Sambil berendam, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Harga tiketnya pun murah, hanya Rp 3.500 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak.

Lokasi: Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kebumen

4. Benteng Van Der Wijck

Bagi pecinta sejarah, Benteng Van Der Wijck wajib dikunjungi! Benteng peninggalan Belanda ini dulunya merupakan kantor VOC. Kini, benteng ini menjadi saksi bisu sejarah Kebumen dan menjadi objek wisata yang populer. Harga tiket masuknya pun bersahabat, hanya Rp 25.000 per orang.

Lokasi: Sidayutengah, Sidayu, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

5. Bukit Pentulu Indah


Source: Pariwisata Jawa Tengah

Ingin menikmati sunrise yang indah? Bukit Pentulu Indah adalah tempatnya! Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang spektakuler, diiringi lautan awan yang menawan. Dari sini, kamu juga bisa melihat Gunung Sumbing dan Sindoro di kejauhan. Tak perlu mendaki lama, dari loket masuk ke spot sunrise hanya 10 menit! Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 5.000.

Lokasi: Jl. Pentulu Indah, Dakah, Karangsambung, Kec. Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

6. Pantai Karangbolong


Source: pemerintah daerah kebumen

Pantai Karangbolong menawarkan pesona pantai yang berbeda. Di sini, kamu akan menemukan pasir berwarna kelabu dengan butiran halus dan batuan sedimen dari gunung api yang unik. Berenang di pantai ini tidak direkomendasikan karena arus balik yang kuat. Tapi, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing. Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 5.000 per orang.

Lokasi: desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

7. Curug Plumbon

Curug Plumbon adalah air terjun tersembunyi yang memesona. Lokasinya yang tersembunyi membuat curug ini masih alami dan asri. Air terjunnya yang mengalir deras dan jernih dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp 5.000.

Lokasi: desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata Kebumen yang murah meriah. Langsung aja cus liburan ya, Inselicious!

Topik Terkait