Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Manfaat buah Ciplukan disinyalir memiliki beragam kegunaan bagi kesehatan tubuh sampai untuk kecantikan wajah. Diketahui, Ciplukan adalah tanaman liar yang tumbuh sekitar sawah atau bahkan hutan.

Buah Ciplukan atau mempunyai nama latin Physalis ini banyak yang mengatakannya sejenis dengan model berry. Selain itu, orang Sunda biasa menyebutnya dengan cecendet dan di Bali disebut dengan keceplokan.

Selain punya rasa yang manis dan disukai oleh banyak orang. Ternyata tanaman ini dari ujung batang hingga akar memiliki banyak manfaatnya.

Penasaran apa saja manfaat dari buah Ciplukan ini? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Ciplukan atau Physalis ini memiliki jenis buah yang kecil. Walaupun demikian buah ini memiliki banyak manfaat dan juga kandungannya.

Buah yang dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet, yor-nyèoran, dan kopok-kopokan ternyata masuk dalam kategori superfood.

Usut punya usut, bukan hanya buahnya yang memiliki manfaat. Tapi juga mulai dari akar, batang, hingga daun pun memiliki manfaat yang luar biasa. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah ini mempunyai manfaat yang berpotensi sebagai obat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan.

Dilansir dalam Agricultural Reviews bahwa Physalis Peruviana atau ciplukan oranye ini ternyata mengandung air, asam titrat, gula, serat, antioksidan, protein, dan karbohidrat.

Bahkan untuk ciplukan juga mengandung mineral seperti K, Mn, Mg, Fe dan Zn dengan kadar lebih tinggi dibanding di buah-buahan lain yaitu pepaya, apel, jeruk, strawberi, dan acerola (sejenis ceri).

1. Ciri-ciri buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Buah Ciplukan ini memiliki ciri-iri seperti berumur satu tahun, tegak, tinggi s/d 1 m, mempunyai batang berusuk bersegi tajam dan berongga. Selain itu, daunnya berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak.

Kemudian, untuk bunga di ketiak dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang merunduk. Kelopak dari buah ini berbagi lima. Mahkota dari Ciplukan ini tampak serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7–9 mm tingginya.

Untuk buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung itu ternyata berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2–4 cm panjangnya. Buah ini di dalamnya terlihat bulat memanjang, kekuningan jika sudah masak, rasanya manis dan disukai anak-anak.

2. Rasa dari Buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Buah Ciplukan ini memiliki rasa yang manis kalau sudah matang dan asam ketika masih mentah. Bentuk dari buah ini bulat, berselubung kelopak tipis di bagian luar.

Kemudian, warnanya juga kuning bahkan orange atau kemerah-merahan kalau buah sudah matang. Buah ini kerap kali ditemui di kebun dan tumbuh di antara gulma siapa menyangka bahwa tumbuhan ini kaya akan manfaat.

Selain itu, Ciplukan juga kadang ditemukan tumbuh sendiri di dalam pot. Warna dari buah ciplukan yang tumbuh di Indonesia cukup beragam yaitu mulai dari putih, hijau muda, kuning, oranye, hingga semburat ungu.

Kandungan dari Buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Ciplukan memiliki kandungan asam sitrat dan fisalin dalam buahnya. Selain itu, buah ini juga terdapat pula alkaloid, asam malat, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula buah.

Karena memiliki rasa yang manis maka buah ini banyak digemari anak-anak. Oleh karena itu, bagian tumbuhan mulai dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu kemudian digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional.

Harga Buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Buah ini biasanya dikonsumsi saat sudah tua atau matang. Selain itu, buah ini juga memiiki cita rasa yang manis keasaman.

Beberapa waktu ini buah ciplukan naik daun. Kamu juga bisa menjumpai buah ini yang dijajaki di supermarket atau dijual ketika daring.

Untuk harga buah ciplukan ini per kilo ya bervariasi. Harganya ditaksir mulai dari Rp125 ribu hingga Rp380 ribu.

Manfaat dan Khasiat Buah Ciplukan

Foto : Pinterest

Manfaat buah ciplukan ini tak perlu diragukan lagi. Berikut ini terdapat berbagai manfaat dari buah mungil yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan ini.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

1. Dilansir dari buku Ragam dan Khasiat Tanaman Obat oleh Hieronymus Budi Santoso, bahwa buah ini memiliki zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena memiliki berbagai kandungan senyawa penting di dalamnya, buah ini dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

2. Selain itu, menurut Budi Waluyo yang merupakan pengajar pada Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya yang dilansir dalam sebuah artikel yang ditulis bersama Wiwin Sumiya dan Nurul Aini dalam Agricultural Reviews bahwa buah ini setidaknya mengandung air, asam titrat, gula, serat, antioksidan, protein, dan karbohidrat.

3. Tak hanya itu, Ciplukan juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, mengandung vitamin E, dan vitamin A.

4. Sementara dilihat dari penelusuran dari situs Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC), Fakultas Farmasi UGM, akar dari Ciplukan ini digunakan untuk obat cacing dan penurun demam.

5. Untuk daunnya juga untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah.

6. Bahkan buahnya digunakan untuk mengobati epilepsi, sukar buang air, dan penyakit kuning.

7. Ciplukan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).

8. Tak sampai di sana, buah ini juga bisa mengatasi. Cara menggunakannya dengan satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan sedikit garam yang dicampurkan dan remas-remas sampai lembut yang kemudian dioleskan sekitar bisul.

9. Bisa berguna untuk mengatasi borok dengan menempelkan ke bagian yang sakit.

10. Bisa digunakan untuk gusi berdarah karena mengandung vitamin C dengan cara memakan buah ciplukan tersebut sebanyak 30 buah setiap hari.

11. Buah ciplukan ini juga ternyata bisa untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Hal ini pun merujuk pada buku Ahli Atasi Kolesterol, Hipertensi, Diabetes (2016) oleh Trubus, bahwa ciplukan mengandung antibakteri yang dapat meluruhkan endapan kalsium dalam ginjal.

12. Karena memiliki kandungan polifenol yang tinggi dalam buah ciplukan, maka buah ini juga disinyalir dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

13. Manfaat buah ciplukan juga yaitu kaya akan karotenoid yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan buah ini juga bisa mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan.

14. Tak hanya itu, buah ciplukan ini mengandung steroid alami yang disebut withanolides. Karena Steroid ini disinyalir dapat membantu melawan efek peradangan yang diakibatkan penyakit radang usus.

15. Terakhir, buah ciplukan ini juga disinyalir dapat mencegah anemia defisiensi zat besi. Anemia terjadi karena kondisi ketika kadar zat besi di dalam tubuh berkurang yang dapat menurunkan fungsi serta jumlah sel darah merah. Diketahui, bahwa buah ciplukan ini mengandung manfaat zat besi sebagai untuk mencegah terjadinya anemia ini. (bbi)

Topik Terkait