Foto : Swirlster - NDTV

IntipSeleb – Keringat adalah proses alami tubuh untuk mengatur suhu. Namun, terkadang aroma yang menyertainya bisa mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri.

Alih-alih menutupi masalah dengan deodoran beraroma kuat, sebaiknya segera gali solusi dari dalam tubuh. Melansir Healthline, Healthshots, dan berbagai sumber lainnya, terdapat banyak pilihan makanan yang tepat dapat menjadi senjata rahasia untuk melawan bau badan. Apa saja ya?

Buah dan Sayuran

Foto : Pinterest
  1. Apel: Buah ini mengandung zat antibakteri yang ampuh melawan bau mulut dan bau badan tak sedap.
  2. Buah Sitrus: Jeruk, lemon, dan nanas tak hanya menyegarkan saat dikonsumsi. Kandungan di dalamnya dapat diserap tubuh dan menghasilkan aroma segar yang menyenangkan.

Secara umum, konsumsi buah dan sayur segar membantu detoksifikasi tubuh. Kandungan seratnya juga melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah penumpukan racun penyebab bau badan.

Produk Susu

Foto : Pinterest
  1. Yoghurt: Kultur bakteri hidup dalam yoghurt berperan aktif menetralkan senyawa sulfur penyebab bau badan. Tak hanya itu, yoghurt juga membantu melawan racun dalam tubuh.

Rempah-rempah


Source: freepik/azerbajian_stock

  1. Peterseli: Minyak atsiri yang kuat dalam peterseli membantu menetralkan aroma tak sedap. Kandungan klorofilnya pun bermanfaat untuk menyeimbangkan pH tubuh dan membersihkan darah
  2. Sage: Rempah ini mengandung senyawa aromatik seperti diosmetin, apigenin, dan luteolin yang membuat tubuh mengeluarkan aroma manis. Sage juga memiliki efek antibakteri dan mengurangi aktivitas kelenjar keringat.

Minuman Pendukung

Foto : Sttersstock
  1. Teh Hijau: Polifenol dalam teh hijau ampuh mengurangi senyawa sulfur penyebab bau badan sekaligus melawan bakteri. Kandungan taninnya pun membantu menjaga kaki tetap kering.
  2. Air: Minum air putih yang cukup membantu mengencerkan bau badan yang kuat. Selain itu, air juga melancarkan pencernaan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat berkeringat.

Ingatlah, ada makanan tertentu yang justru dapat memicu bau badan. Sebaiknya batasi konsumsi bawang putih, bawang merah, brokoli, kubis, kembang kol, daging merah, alkohol, dan makanan berpenyedap buatan.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari pantangannya, Anda dapat tampil lebih percaya diri tanpa khawatir aroma tak sedap mengganggu aktivitas. Selamat mencoba!

Topik Terkait