Foto : Instagram/ikn_id

IntipSeleb Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 menjadi momen pertama dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Meski digelar di IKN, upacara HUT RI ke-79 juga akan tetap digelar di Istana Merdeka Jakarta.

Meski demikian, upacara kemerdekaan di IKN tetap mendapatkan antusiasme dari warga. Bagi kamu yang mau ikut memeriahkan upacara HUT RI di IKN, bisa nih liburan ke Kalimantan dan menginap dekat IKN.

Tapi, emangnya ada ya hotel dekat IKN? Ada dong! Nih, IntipSeleb rangkum ya!

1. Swissôtel Nusantara

Swissôtel Nusantara adalah hotel bintang lima pertama dekat Ibu Kota Nusantara (IKN). Hotel bintang lima ini berada di pinggir jalan utama IKN, sehingga aksesnya mudah. Bahkan, pada Juli 2024 lalu, diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Alamat: Bumi Harapan, Sepaku, Penajam Utara Paser, Kalimantan Timur

2. Rimba Room

Jika budget hotel bintang lima pas-pasan, kamu bisa menginap di Guest House seperti Rimba Room. Penginapan ini mengusung konsep seperti perumahan pada umumnya, sehingga terasa homey. Selain itu, tempatnya jauh dari keramaian sehingga cocok untuk healing sambil olahraga santai nih.

Alamat: Km. 4 Base Camp Kenangan, Maridan, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 76146.

3. Sambodja Lodge

Sambodja Lodge bisa jadi pilihan penginapan hotel bintang tiga kamu kalau liburan ke IKN. Dengan rating 4,6 di Google, hotel ini jaraknya 37 km dari Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport. Tempatnya asri dan rindang, sehingga suasananya sejuk dan bikin betah.

Alamat: Jalan Balikpapan - Handil No.Km. 44, Margomulyo, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

4. Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan

Hotel 5 kemahalan? Hotel 3 bikin kurang nyaman? Hotel bintang 4 berarti jawabannya. Kamu bisa menginap di Platinum Hotel & Convention Hall Balikpapan. Hotelnya ada di gedung pencakar langit yang fasilitasnya serba modern. Bahkan, pihak hotel menyediakan informasi terkait penerbangan lho.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.28, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76126

5. Swiss-Belhotel Balikpapan

Penginapan ini cocok buat kamu yang mau melihat pemandangan pantai dan laut di Kalimantan Timur. Hotel bintang empat ini memiliki pemandangan langsung ke laut sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan.

Alamat: Balikpapan Ocean Square, Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Nah, itulah beberapa hotel dekat IKN yang bisa jadi pilihan kamu ketika liburan ke ibu kota baru Indonesia.

Topik Terkait